Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah di Kelas II SD Se-gugus IV Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan / Akhmad Ghordy Luzuman Naf'i - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah di Kelas II SD Se-gugus IV Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan / Akhmad Ghordy Luzuman Naf'i

Naf'i, Akhmad Ghordy Luzuman (2022) Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah di Kelas II SD Se-gugus IV Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan / Akhmad Ghordy Luzuman Naf'i. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika merupakan salah satu materi pembelajaran yang diajarkan di Sekolah Dasar (SD). Pembelajaran matematika pada siswa sekolah dasar biasanya dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan karena membuat siswa sulit untuk memahaminya. Identifikasi analisis kesalahan dengan beberapa tahapan antara lain mengidentifikasi kesalahan mengklasifikasi kesalahan menghitung frekuensi dan presentase kesalahan menentukan kategori kesalahan dan menarik kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan tingkat kesalahan yang dilakukan siswa kelas II SD Se Gugus IV Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan dalam mengerjakan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah dan Mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas II SD Se-Gugus IV Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan dalam mengerjakan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini persentase yang didapatkan dalam penelitian digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam pengerjaan nilai tempat pada operasi penjumlahan dan pengurangan. Subjek penelitian Sekolah Dasar Negeri Se-Gugus IV Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan yang terdiri dari lima lembaga sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan tahapan pengidentifikasian pengklasifikasian penghitungan frekuensi dan persentase penentuan kategori kesalahan dan penarikan kesimpulan selanjutnya uji keabsahan data. Berdasarkan temuan penelitian masih adanya kekeliruan siswa ketika menjawab soal penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Kesalahan mengerjakan soal yang dilakukan oleh siswa sebanyak 47 25% pada operasi penjumlahan yang meliputi (1) kesalahan dalam mencermati nilai tempat ketika menjumlahkan satuan dan puluhan 28 75% (2) kesalahan dalam menggabungkan puluhan dan satuan saat dijumlahkan berjumlah 18 50%. Selain itu kesalahan mengerjakan soal pada operasi pengurangan yaitu 93 75% yang meliputi (3) kesalahan dalam mencermati nilai tempat ketika pengurangan bilangan besar dengan bilangan kecil 55% dan (4) tetapnya nilai angka setelah dipinjam bilangan lain 38 75%. Jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas II SD Se-Gugus IV Kecamatan Gempol dalam mengerjakan soal paling banyak dilakukan yaitu terdapat pada operasi pengurangan bilangan besar dengan bilangan kecil tanpa mencermati nilai tempat) sedangkan kesalahan paling sedikit dilakukan oleh siswa yaitu pada operasi penjumlahan (menjumlahkan puluhan digabungkan dengan satuan). Masih terdapat kesalahan lain dilakukan oleh siswa dalam menjawab soal penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah menandakan siswa kurang memahami tentang konsep yang benar khususnya mengenai prinsip prinsip operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Saran yang berikan kepada guru agar menerapkan metode pembelajaran yang efektif diharapkan dapat diimplementasikan untuk memperbaiki dan menaikkan pengetahuan siswa tentang operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Penelitian lanjutan yang mengambil topik serupa dengan penelitian ini hendaknya dapat lebih memperluas fokus penelitian mengenai operasi hitung pada bilangan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/257372

Actions (login required)

View Item View Item