Daya dukung orang tua terhadap hasil belajar siswa Kelas V SDN Karangsari 2 Kota Blitar selama pembelajaran daring / Errin Dwi Apriliani - Repositori Universitas Negeri Malang

Daya dukung orang tua terhadap hasil belajar siswa Kelas V SDN Karangsari 2 Kota Blitar selama pembelajaran daring / Errin Dwi Apriliani

Apriliani, Errin Dwi (2022) Daya dukung orang tua terhadap hasil belajar siswa Kelas V SDN Karangsari 2 Kota Blitar selama pembelajaran daring / Errin Dwi Apriliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran daring merupakan salah satu kebijakan BDR (Belajar Dari Rumah) yang melibatkan interaksi antara guru dengan siswa menggunakan bantuan teknologi informasi dan komunikasi. Penerapan pembelajaran daring berdampak kepada orang tua. Upaya untuk mengatasi dampak tersebut adalah dukungan dari orang tua sangat dibutuhkan untuk membantu proses pembelajaran sehingga mencapai keberhasilan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan daya dukung orang tua selama pembelajaran daring serta hasil belajar siswa kelas V SDN Karangsari 2 Kota Blitar selama pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah hasil angket dengan orang tua dan hasil dokumentasi nilai hasil PAT (Penilaian Akhir Tahun). Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Karangsari 2 Kota Blitar. Setelah dilakukan penyebaran angket dan dokumentasi dilakukan analisis data mulai dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Daya dukung baik secara sosial maupun fisik selama pembelajaran daring dikategorikan baik. Hal ini dapat ditinjau dari daya dukung secara sosial yaitu sebagian besar orang tua sudah memenuhi ketersediaan waktu dengan rata-rata sebesar 76 1% memotivasi anak dengan rata-rata sebesar 91 2% memberikan perhatian dengan rata-rata sebesar 85 3% dan mengkondisikan lingkungan belajar dengan rata-rata sebesar 84 9%. Sedangkan daya dukung secara fisik yaitu sebagian besar orang tua sudah memenuhi kebutuhan fasilitas dengan rata-rata sebesar 86 2% dan kebutuhan sarana dengan rata-rata sebesar 85 9% serta hasil belajar siswa yang dilihat dari nilai rata-rata PAT (Penilaian Akhir Tahun) mencapai ketuntasan sebesar 76 3% dimana sebagian besar siswa sudah memenuhi ketuntasan belajar selama daring. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang daya dukung orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Karangsari 2 Kota Blitar selama pembelajaran daring dapat disimpulkan bahwa orang tua memberikan dukungan yang baik dalam proses pembelajaran daring serta sebagian besar siswa sudah memenuhi ketuntasan belajar selama daring. Hendaknya orang tua yang tidak pernah memberikan dukungan sosial berupa mengajari siswa dan membantu mengatasi kesulitan saat belajar diharapkan untuk lebih memberikan dukungan kepada siswa. Terkait dukungan fisik bagi orang tua yang tidak pernah memberikan dukungan berupa ketersediaan tempat khusus untuk belajar peralatan belajar yang sesuai kebutuhan handphone dan buku-buku tambahan diharapkan untuk memberikan dukungan fasilitas tersebut. Selain itu siswa yang belum mencapai nilai kurang bagus diharapkan untuk lebih rajin belajar agar nilai yang didapatkan mencapai ketuntasan yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/257365

Actions (login required)

View Item View Item