Profil pelaksanaan asesmen pembelajaran daring di SDN Kiduldalem 1 Bangil Kabupaten Pasuruan / Dina Nisatul Ilmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil pelaksanaan asesmen pembelajaran daring di SDN Kiduldalem 1 Bangil Kabupaten Pasuruan / Dina Nisatul Ilmi

Ilmi, Dina Nisatul (2022) Profil pelaksanaan asesmen pembelajaran daring di SDN Kiduldalem 1 Bangil Kabupaten Pasuruan / Dina Nisatul Ilmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan asesmen pembelajaran daring di SDN Kiduldalem 1 Bangil Kabupaten Pasuruan (2) mendeskripsikan pelaksanaan asesmen ranah afektif pada pembelajaran daring di SDN Kiduldalem 1 Bangil Kabupaten Pasuruan (3) mendeskripsikan pelaksanaan asesmen ranah kognitif pada pembelajaran daring di SDN Kiduldalem 1 Bangil Kabupaten Pasuruan (4) mendeskripsikan pelaksanaan asesmen ranah psikomotorik pada pembelajaran daring di SDN Kiduldalem 1 Bangil Kabupaten Pasuruan. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru kelas 1 hingga kelas 6 di SDN Kiduldalem 1 Bangil. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan pengumpulan data reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya saat pembelajaran daring seluruh guru sudah dapat melaksanakan penilaian kognitif. Pelaksanaan penilaian pada kelas rendah sebagian besar dengan mengambil langsung tugas ke sekolah sedangkan kelas tinggi dengan memanfaatkan media daring seperti quizizz dan google form. Sebagian besar juga guru sudah dapat melakukan penilaian afektif dan psikomotorik hanya sebagian kecil yang tidak melakukan. Meskipun masih dapat dilakukan pelaksanaan penilaian sikap sebagian besar terbatas pada menilai sikap tanggung jawab serta kedisiplinan siswa saat mengumpulkan tugas serta beberapa jenis penilaian keterampilan sulit dilakukan saat daring karena keterbatasan interaksi secara langsung. Penilaian keterampilan dengan cara mengirim rekaman video dan membuat produk. Kelemahan penelitian ini adalah belum dapat mengenai tindakan yang dilakukan guru atau pihak sekolah dalam mengatasi hambatan dan kesulitan pada asesmen pembelajaran sehingga disarankan pada penelitian selanjutnya untuk mengulas secara mendalam terkait hal tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/257364

Actions (login required)

View Item View Item