Rivaningtyas, Dita Wahyu (2022) Pengembangan multimedia interaktif muatan IPA pada tema 3 subtema 1 dengan penguatan karakter mandiriSiswa Kelas IV SDN Karangsari 2Blitar / Dita Wahyu Rivaningtiyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan yang ditemukan pada SDN Karangsari 2 Blitar dimana pada tahapan pembelajaran muatan IPA materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan biasanya guru menjelaskan bagian struktur bunga dengan bantuan bunga sepatu saja. Hal ini dikarenakan adanya keterbatasan waktu dalam pembelajaran dan media pada materi tersebut masih belum tersedia. Selain itu terkadang guru mencoba mensisipi beberapa gambar tumbuhan dan video yang diunduh dari youtube. Media tersebut masih dinilai belum efektif untuk membantu siswa belajar mandiri di rumah karena tidak seluruhnya materi dibahas di kelas. Guru hanya terfokus pada materi yang dianggap sulit yakni pada struktur bunga. Untuk itu perlu pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif dengan penguatan karakter mandiri tema 3 subtema 1 materi stuktur dan fungsi bagian tumbuhan di kelas IV SDN Karangsari 2 Blitar yang valid praktis dan menarik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yakni Analisis Design Development Implementation dan Evaluation. Hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi mendapatkan persentase yang sama yakni 93 75% sedangkan oleh pengguna mendapatkan persentase sebesar 95 83% dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon siswa terkait kepraktisan dan kemenarikan memperoleh rata-rata sebesar 97 2% dengan kategori sangat praktis dan menarik sehingga produk dinyatakan dapat digunakan dimanapun dan kapanpun serta mampu menumbuhkan semangat belajar siswa. Pembelajaran dengan multimedia interaktif juga dinilai dapat membantu menguatkan kemandirian siswa ini dibuktikan dengan hasil rata-rata dari angket respon siswa sebesar 98 6%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif yang sudah dikembangkan sangat valid sangat praktis dan menarik serta mampu membantu menguatkan karakter mandiri pada diri siswa. Dengan demikian produk multimedia interaktif layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Produk multimedia interaktif yang dikembangkan bukan sebagai sumber utama pembelajaran hanya berperan sebagai alat bantu kegiatan pembelajaran sehingga masih tetap memerlukan buku pendamping. Saran bagi pengembang selanjutnya yaitu diharapkan multimedia interaktif dengan penguatan karakter mandiri dapat dikembangkan pada muatan atau materi yang lainnya dan pada jenjang kelas yang berbeda sehingga produk memiliki sasaran yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/257363 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |