Nandawika, Itvianoke Jihan (2022) Pengembangan media pembelajaran interaktif aplikasi android pada materi bentuk keragaman kelas iv sdn pakunden 1 kota blitar / Itvianoke Jihan Nandawika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Nandawika Itvianoke Jihan. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Aplikasi Android Pada Materi Bentuk Keragaman Kelas IV SDN Pakunden 1 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tri Murti S.Pd. M.Pd. (II) Dr. Siti Mas rsquo ula M.Pd. Kata Kunci Media Interaktif dan Bentuk Keragaman Berdasarkan kegiatan observasi dan wawancara di SDN Pakunden 1 Kota Blitar ditemukan masalah peserta didik mengalami kesulitan dan kurang antusias dalam memahami materi IPS khususnya pada materi Bentuk Keragaman karena materi tersebut cenderung membosankan guru hanya menggunakan media dari gambar dan tidak interaktif sehingga menyebabkan kurangnya variasi media pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan yaitu menghasilkan media pembelajaran interaktif aplikasi android pada materi Bentuk Keragaman kelas IV SDN Pakunden 1 Kota Blitar yang valid menurut ahli materi ahli media dan guru serta praktis menurut peserta didik. Model penelitian dan pengembangan menggunakan R amp D oleh Borg dan Gall. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini meliputi (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi produk (5) revisi produk (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) produksi massal. Teknik pengumpulan data dengan wawancara observasi dan angket. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Analisis angket ahli materi ahli media dan guru menggunakan Skala Likert. Sedangkan angket respon peserta didik tentang kepraktisan dianalisis menggunakan Skala Guttman. Hasil validitas dan kepraktisan produk divalidasi oleh ahli materi didapatkan persentase sebesar 91 7% dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi ahli media didapatkan persentase sebesar 87 5% dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi dan guru didapatkan persentase sebesar 92 8% dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Hasil angket respon peserta didik tentang kepraktisan pada uji coba produk skala kecil didapatkan persentase sebesar 100% dan uji coba pemakaian skala besar didapatkan persentase sebesar 94 2% dengan kriteria sangat praktis dan dapat digunakan tanpa revisi. Simpulan dari penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif aplikasi android pada materi Bentuk Keragaman kelas IV SDN Pakunden 1 Kota Blitar dari hasil uji coba produk skala kecil dan hasil uji coba pemakaian skala besar dengan kriteria sangat praktis dan dapat digunakan tanpa revisi serta sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi menurut ahli materi ahli media dan guru maka disarankan menggunakan media pembelajaran interaktif aplikasi android dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/257361 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |