Pengembangan modul pembelajaran IPA terpadu model direct instruction melalui teknik quest (questions that stimulate thinking) untuk siswa SMP/MTs dengan tema benda optik / Oky Setyorini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran IPA terpadu model direct instruction melalui teknik quest (questions that stimulate thinking) untuk siswa SMP/MTs dengan tema benda optik / Oky Setyorini

Oky (2010) Pengembangan modul pembelajaran IPA terpadu model direct instruction melalui teknik quest (questions that stimulate thinking) untuk siswa SMP/MTs dengan tema benda optik / Oky Setyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyorini Oky. 2009. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Model Direct Instruction melalui Teknik Quest (Questions that Stimulate Thinking) untuk Siswa SMP/MTs dengan Tema Benda Optik. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Pudyo Susanto M. Pd (II) Dra. Rahayu Sri Lestari M.Si. Kata Kunci benda optik Direct Instruction IPA Terpadu dan teknik Quest (Questions that Stimulate Thinking). Pembelajaran terpadu merupakan pembelajaran IPA yang dianjurkan untuk diaplikasikan pada pembelajaran IPA pada semua jenjang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidayah (SD/MI) sampai dengan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) dengan tujuan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Untuk kelancaran pelaksanaan IPA terpadu tidak hanya diperlukan kesiapan guru dan peserta didik saja tetapi juga diperlukan suatu bahan ajar yang dikembangkan secara terpadu pula. Saat ini memang sudah banyak buku paket IPA terpadu yang beredar. Akan tetapi pembahasan yang terdapat pada buku tersebut juga masih terpisah antara pembahasan bidang Biologi Fisika dan Kimia. Demikian pula pada Lembar Kerja Siswa (LKS) pada umumnya masih terpisah-pisah antara LKS Fisika dan LKS Biologi sehingga materi yang diajarkanpun juga terpisah-pisah antara Fisika dan Biologi. Salah satu alternatif pemecahan permasalahan tersebut adalah penggunaan bahan ajar IPA terpadu. Dalam hal ini bahan ajar yang dipilih adalah modul. Modul ini dikembangkan dengan model Direct Instruction melalui teknik Quest (Questions that Stimulate Thinking). Pemilihan model ini disesuaikan dengan materi yang dikembangkan yaitu materi dengan tema Benda Optik. Modul ini disusun untuk menyesuaikan bahan ajar (LKS) yang selama ini digunakan di SMP/MTs dengan pembelajaran IPA terpadu. Modul ini diharapkan mampu membimbing siswa dalam memahami dan mengaplikasikan pengetahuan yang telah diperoleh pada situasi yang lebih kompleks. Pengembangan modul ini mengikuti tahapan pengembangan model 4-D yaitu 1) Define (penentuan masalah) 2) Design (pemilihan media) 3) Develop (Pengembangan produk) dan 4) Disseminate (Penyebarluasan Produk). Pengembangan modul IPA terpadu ini hanya dilakukan sampai tahapan ketiga yakni hingga tahap Develop. Validasi dilakukan oleh tiga subyek yaitu ahli materi ahli media dan guru. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan modul ini berupa angket. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi ahli media dan guru memperoleh nilai 78 14349% 60 7153% dan 88 93%. Data menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan bersifat valid dan tidak perlu direvisi. Uji terapan dengan responden siswa kelas IX MTs Hidayatul Mubtadi in Malang mendapatkan nilai 85 46%. Produk yang dihasilkan adalah modul dengan model Direct Instruction dan teknik Quest (Questions that Stimulate Thinking) dengan tema benda optik untuk pembelajaran SMP/MTs kelas VIII. Modul dikembangkan berdasarkan keterkaitan antara kompetensi dasar mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dengan kompetensi dasar mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan. Modul yang dikembangkan terdiri dari dua modul dengan masing-masing modul terdiri dari 4 kegiatan belajar. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa modul ini mampu menyajikan materi secara terstruktur dan bersifat tematik. Modul ini dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25728

Actions (login required)

View Item View Item