Ika Yully Sri (2009) Penggunaan pengajaran berdasarkan masalah dalam pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar keanekaragaman makhluk hidup dan upaya pelestariannya siswa kelas VIID di SMP Negeri 4 Malang / Ika Yully Sri Mulyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mulyanti Ika Yully Sri. 2006.Penggunaan Pengajaran Berdasarkan Masalah dalam Pembelajaran Konstektual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Keanekaragaman Makluk Hidup dan Upaya Pelestarian Siswa Kelas VIID Di SMP Negeri 4 Malang. Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Susetyoadi Setjo M. Pd. Pembimbing (II) Drs. H. Fathurrahman M. Si Kata Kunci Hasi Belajar Motivasi Belajar Pembelajaran Konstektual Pengajaran Berdasarkan Masalah. Hasil observasi awal menunjukan bahwa siswa kelas VIID di SMP Negeri 4 Malang merupakan siswa yang diterima berdasarkan pada kelebihan bakat yang dimilikinya yaitu di bidang ke senian dan olah raga. Dalam proses belajar mengajar guru telah menerapkan pembelajaran kontektual namun dalan pelaksanaanya siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa kurang memuaskan. Oleh karena itu penggunaan pengajaran berdasarkan masalah dalam pembelajaran konstektual diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut. Penelitihan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIID SMP Negeri 4 Malang dengan jumlah siswa 36 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus tindakan dalam satu siklus meliputi perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini pengumpulan data melalui observasi aktifitas siswa dan guru wawancara dengan guru angket siswa dan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini pada siklus I dibuat rancangan pembelajaran tentang materi keanekaragaman pada makluk hidup melalui pengamatan ciri morfologi tumbuhan dan hewan yang ada disekitar siswa. Sedangkan pada siklus II rancangan pembelajaran memuat materi tentang upaya pelestarian makluk hidup. Siswa dalam kelompok diminta membuat hasil karya yaitu poster dengan tema pelestarian makluk hidup. Poster tersebut kemudian dipamerkan di kelas dan dinilai oleh siswa lain dalam kelompok. Hasil penelitian menunjukan bahwa taraf keberhasilan motivasi belajar pada siklus I sebesar 47 8% dikatagorikan cukup pada siklus II taraf keberhasilan motivasi belajar sebesar 61 7% dikatagorikan baik. Motivasi belajar antara siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 13 9%. Sedangkan hasil belajar siswa berdasrkan hasil analisis data menunjukan 70 83% pada siklus I dan 83 05% pada siklus II. Hasil belajar antara siklus I dengan Siklus II mengalami peningkatan sebesar 12 2%. Berdasrkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdasarkan masalah dalam pembelajaran konstektual dengan strategi REACTnya dapat dijadikan alternatif pembelajaran Biologi di sekolah karena siswa dapat belajar dari masalah yang ada di sekitarnya. Dan disarankan pada guru Biologi dan peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian dengan penilaian hasil belajar tidak hanya dari segi kognitif melalui tes tulis saja melainkan dari aspek yang lain yaitu afektif dan psikomotor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Oct 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25725 |
Actions (login required)
View Item |