Penerapan metode simulasi pada pokok bahasan sistem pencernaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri I Gondangwetan Pasuruan / Nuraida Purnama Rini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode simulasi pada pokok bahasan sistem pencernaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri I Gondangwetan Pasuruan / Nuraida Purnama Rini

Nuraida Purnama (2010) Penerapan metode simulasi pada pokok bahasan sistem pencernaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri I Gondangwetan Pasuruan / Nuraida Purnama Rini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rini Nuraida Purnama. 2009. Penerapan Metode Simulasi pada Pokok Bahasan Sistem Pencernaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Soedjono Basoeki M.Pd (II) Dra. Hj. Nursasi Handayani M.Si Kata kunci Metode simulasi Sistem pencernaan Hasil belajar Berdasarkan observasi pada bulan November 2008 di SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan diketahui bahwa metode pembelajaran yang pernah digunakan selama ini masih cenderung teacher centered dan rendahnya motivasi serta keaktifan siswa. Hal ini disebabkan karena penggunaan metode praktis yang tidak diimbangi dengan peran siswa sebagaimana mestinya. Pembagian program IPA dan IPS juga bukan semata-mata berdasarkan minat bakat dan kemampuan tetapi untuk pemerataan jumlah siswa dalam tiap kelas. Sehingga motivasi belajar siswa semakin menurun dan hasil belajar siswa kurang maksimal. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan metode yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa (kognitif afektif dan psikomotor). Alternatif pembelajaran yang ditawarkan adalah penerapan metode simulasi. Metode simulasi merupakan suatu metode pembelajaran yang mengajarkan siswa tentang fakta konsep atau prinsip tertentu melalui pengalaman yang terdramatisasikan. Berdasarkan uraian tersebut maka dilakukan penelitian yang berjudul Penerapan Metode Simulasi pada Pokok Bahasan Sistem Pencernaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan . Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 pada pokok bahasan sistem pencernaan melalui penerapan metode simulasi di SMA N 1 Gondangwetan Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode simulasi yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi sistem pencernaan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Gondangwetan semester genap tahun ajaran 2008-2009 sebanyak 34 orang. Hasil belajar yang diteliti adalah aspek kognitif afektif dan psikomotor. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari pretes dan postes dianalisis berdasarkan tingat pemahaman kognitif siswa. Data afektif diperoleh dari angket yang diberikan kepada seluruh siswa. Sedangkan psikomotor/keterampilan siswa diperoleh dari lembar observasi keterampilan siswa dalam bersimulasi. Analisis data afektif dan data psikomotor dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes angket respon lembar observasi catatan lapangan dan kamera. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Gondangwetan dengan pembelajaran metode simulasi terjadi peningkatan dari siklus I dan siklus II yaitu (1) terjadi peningkatan hasil belajar aspek kognitif dari 75 76% siswa tuntas belajar pada siklus I menjadi 100% siswa tuntas belajar pada siklus II (2) diperoleh hasil belajar afektif berupa respon positif siswa dari pengisisan angket didapatkan rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran dengan metode simulasi adalah 33 17% sangat setuju 56 34% menyatakan setuju 9 59% kurang setuju dan 0 91% menyatakan tidak setuju dan (3) terjadi peningkatan hasil belajar aspek psikomotor siswa sebesar 0 86 dari 2 76 pada siklus I dengan kategori skor baik menjadi 3 58 pada siklus II dengan kategori skor sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diajukan adalah (1) perlu perencanaan pengelolaan waktu yang lebih baik agar hasil penelitian dapat tercapai secara maksimal (2) bagi tenaga pengajar yang tertarik menggunakan pembelajaran dengan metode simulasi sangat diperlukan untuk memperhatikan ketersediaan waktu persiapan guru persiapan siswa dalam setiap pembelajaran (3) bagi penelitian lain yang berminat dalam pembelajaran dengan metode simulasi maka dapat dikembangkan lebih lanjut pada materi yang lain dalam bidang studi Biologi dan (4) diharapkan bagi peneliti lain yang tertarik dengan metode simulasi dapat menggunakan media yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25724

Actions (login required)

View Item View Item