Penerapan pembelajaran kooperatif model TAi (Team Assisted Individualization) melalui pembuatan peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X.2 SMA Negeri 8 Malang / Kiromim Baroroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model TAi (Team Assisted Individualization) melalui pembuatan peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X.2 SMA Negeri 8 Malang / Kiromim Baroroh

Kiromim (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model TAi (Team Assisted Individualization) melalui pembuatan peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X.2 SMA Negeri 8 Malang / Kiromim Baroroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Baroroh Kiromim. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TAI (Team Assisted Individualization) Melalui Pembuatan Peta Konsep untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X.2 SMA Negeri 8 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. M. Noviar Darkuni M.Si (II) Dra. Amy Tenzer M.S. Kata Kunci pembelajaran kooperatif model TAI pembuatan peta konsep motivasi hasil belajar. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan pada tanggal 2 Februari 2009 diketahui bahwa proses pembelajaran di SMA Negeri 8 Malang masih menggunakan metode ceramah disertai pembahasan LKS sedangkan diskusi kelompok jarang diterapkan. Siswa yang aktif dalam pembelajaran hanya 20% sisanya 80% masih pasif. Persentase siswa yang belum memenuhi standar ketuntasan minimal pada materi keanekaragaman hayati adalah 39 02%. Hasil observasi menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa masih rendah sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang diterapkan adalah TAI (Team Assisted Individualization) melalui pembuatan peta konsep. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X.2 SMA Negeri 8 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif model TAI melalui pembuatan peta konsep. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas dalam 2 siklus masing-masing siklus meliputi tahapan perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi tes pembuatan peta konsep catatan lapangan dan pemotretan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata motivasi klasikal siswa adalah 64 04% dengan kategori cukup meningkat menjadi 83 44% dengan kategori baik pada siklus II. Ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I adalah 73 68% dan meningkat menjadi 87 18% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran kooperatif model TAI melalui pembuatan peta konsep mampu meningkatkan motivasi belajar biologi siswa (2) penerapan pembelajaran kooperatif model TAI melalui pembuatan peta konsep mampu meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pembelajaran kooperatif model TAI (Team Assisted Individualization) melalui pembuatan peta konsep dapat diterapkan oleh guru yang memiliki permasalahan yang sama yaitu tentang rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dan dapat pula diterapkan pada pokok bahasan yang lain (selain ekosistem) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa pemberian tugas membuat peta konsep di rumah secara individu dapat membantu siswa mempermudah pemahaman dan pembuatan peta konsep kelompok sehingga dapat menghemat waktu diskusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25723

Actions (login required)

View Item View Item