Penerapan strategi pembelajaran kooperatif group investigation (GI) dengan pendekatan sains-lingkungan-teknologi-masyarakat (SALINGTEMAS) untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Malang / Fitriana Tri Palupi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi pembelajaran kooperatif group investigation (GI) dengan pendekatan sains-lingkungan-teknologi-masyarakat (SALINGTEMAS) untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Malang / Fitriana Tri Palupi

Fitriana Tri (2010) Penerapan strategi pembelajaran kooperatif group investigation (GI) dengan pendekatan sains-lingkungan-teknologi-masyarakat (SALINGTEMAS) untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Malang / Fitriana Tri Palupi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Palupi Fitriana Tri. 2009. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) dengan Pendekatan Sains-Lingkungan-Teknologi- Masyarakat (Salingtemas) untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Malang. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien H. Irawati M.S. (II) Balqis S.Pd M.Si. Kata kunci pembelajaran kooperatif group investigation pendekatan Sains- Lingkungan-Teknologi-Masyarakat keterampilan kerja ilmiah hasil belajar biologi. Pembaharuan di bidang kurikulum dalam pembelajaran menuntut guru untuk dapat mengubah sistem pembelajaran dari yang berorientasi pada guru (teacher centered) menjadi pembelajaran yang berorientasi pada siswa (student centered). Akan tetapi hasil observasi di kelas X SMA Muhammadiyah 1 Malang menunjukkan bahwa saat mengajar di kelas guru masih tetap menggunakan cara lama yaitu dominan menggunakan metode ceramah. Sumber belajar siswa hanya terbatas dari guru mengakibatkan ketrampilan kerja ilmiah siswa juga rendah karena siswa hanya terpaku pada materi dari guru. Hasil observasi yang telah dilakukan di kelas X SMA Muhammadiyah 1 Malang menunjukkan bahwa keterampilan kerja ilmiah diajarkan secara terintegrasi dengan kegiatan praktikum. Rendahnya keterampilan kerja ilmiah siswa dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil observasi juga menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa kelas X masih rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diterapkan Strategi Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) dengan Pendekatan Sains-Lingkungan-Teknologi-Masyarakat (Salingtemas) untuk meningkatkan keterampilan kerja ilmiah dan hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Malang. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan penelitian pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap tahun ajaran 2008-2009 SMA Muhammadiyah 1 Malang yang berjumlah 10 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2009. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru catatan lapangan lembar observasi keterampilan kerja ilmiah laporan kerja ilmiah jurnal kegiatan siswa dan soal tes. Aspek keterampilan kerja ilmiah siswa dilihat dari hasil observasi keterampilan kerja ilmiah siswa laporan kerja ilmiah siswa dan jurnal kegiatan siswa sedangkan hasil belajar diperoleh dari hasil tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan keterampilan kerja ilmiah siswa cenderung mengalami peningkatan antara siklus I (60%) dan siklus II (90%). Peningkatan juga terlihat pada rerata keterampilan kerja ilmiah siswa antara siklus I (65 93) dan siklus II (78 15). Persentase ketuntasan hasil belajar biologi siswa juga cenderung mengalami peningkatan antara siklus I (60%) dan siklus II (100%). Rerata hasil belajar biologi siswa juga mengalami peningkatan antara siklus I (65 63) dan siklus II (83 5). i Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dengan pendekatan Sains-Lingkungan-Teknologi-Masyarakat (Salingtemas) dapat meningkatkan keterampilan kerja ilmiah dan hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Malang dalam pembelajaran Biologi. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya peneliti memperhatikan alokasi waktu yang digunakan agar pelaksanaan pembelajaran berlangsung secara efisien dan penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi guru bidang studi ataupun peneliti yang lain untuk menerapkan model dan pendekatan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25717

Actions (login required)

View Item View Item