Strategi pembelajaran integrasi iman dan ilmu di lembaga pendidikan kristen kota Malang (Studi kasus penggunaan strategi pembelajaran matematika dan sejarah) / Julia Tanti Raulina Saragi - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pembelajaran integrasi iman dan ilmu di lembaga pendidikan kristen kota Malang (Studi kasus penggunaan strategi pembelajaran matematika dan sejarah) / Julia Tanti Raulina Saragi

Saragi, Julia Tanti Raulina (2011) Strategi pembelajaran integrasi iman dan ilmu di lembaga pendidikan kristen kota Malang (Studi kasus penggunaan strategi pembelajaran matematika dan sejarah) / Julia Tanti Raulina Saragi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata sandi strategi pembelajaran integrasi iman dan ilmu Strategi pembelajaran adalah seperangkat tindakan guru untuk mewujudkan proses pembelajaran yang memudahkan siswa untuk mencapai tujuan belajarnya. Cakupan tindakan tersebut substansial yang meliputi variabel (1) setting (latar) pembelajaran (2) pengelolaan dan pengorganisasian bahan ajar (3) pengalokasian waktu (4) pengaturan pola pembelajaran (5) metode teknik dan prosedur pembelajaran (6) pengaturan dan pemanfaatan media pembelajaran (7) penerapan prinsip-prinsip pembelajaran (8) penerapan pola aktivitas pembelajaran (9) pengembangan dan pengaturan iklim pembelajaran Di Kota Malang terdapat banyak sekolah Kristen. Namun tidak semua menerapkan integrasi Iman dan Ilmu. Sekolah yang akan dijadikan subjek penelitian adalah sekolah yang memiliki budaya untuk menjadikan Alkitab sebagai dasar dakam penyusunan kurikulum. Integrasi iman dan ilmu berarti menerapkan prinsip-prinsip iman Kristen dalam setiap ilmu pengetahuan. Matematika merupakan mata pelajaran wajib dalam sekolah dasar. Banyak anggapan yang mengatakan bahwa matematika sulit. Begitu pula dengan Sejarah. Mata pelajaran yang sering dianggap membosankan karena peristiwanya yang sudah terjadi beratus tahun yang lampau. Keunikan kedua mata pelajaran ini yang mendorong penulis untuk mengetahui bagaimana kaitan mata pelajaran tersebut dengan Iman Kristen. Penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan rancangan studi kasus. Subjek dalam penelitian adalah 2 guru bidang studi yakni Matematika dan Sejarah. Alat pengumpul data yang digunakan adalah arsip kuesioner dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan jalan mengumpulkan data untuk kemudian mengatur mengurutkan mengelompokkan data serta mengkategorikan data tersebut. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui 2 metode (1) triangulasi dan (2) pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada strategi pembelajaran yang khusus yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang terintegrasi iman dan ilmu. Menurut hasil penelitian setting yang digunakan dalam pembelajaran matematika dan sejarah adalah setting pembelajaran yang umum hanya ditambah dengan ayat-ayat Alkitab yang mendukung materi pelajaran. Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran matematika dan sejarah yang terintegrasi iman dan ilmu adalah media pembelajaran sederhana yang tidak biasa digunakan dalam pembelajaran sejarah dan matematika. Yang menjadi keunikan atau perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran matematika dan sejarah yang terintegrasi iman dan ilmu dari sudut pandang pendidikan Kristen adalah setiap materi pelajaran diberikan ayat pendukung dari Alkitab yang kemudian menjadi dasar untuk mempelajari materi tersebut. Namun dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa penggunaan ayat Alkitab sebagai dasar dalam materi pembelajaran belum sepenuhnya memiliki kaitan. Untuk pembelajaran matematika ada beberapa ayat pendukung yang tidak memiliki kaitan dengan materi yang sedang dipelajari. Berbeda dengan pembelajaran matematika ayat pendukung yang digunakan dalam pembelajaran sejarah sudah memiliki kaitan dengan materi yang sedang dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian disarankan ditemukan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru matematika dan sejarah dapat mencapai tujuan pembelajaran matematika dan sejarah yang terintegrasi iman dan ilmu. Yang perlu dipertimbangkan oleh guru matematika adalah penggunaan ayat pendukung dalam materi pelajaran matematika. Adalah baik jika pihak sekolah dapat menyediakan teolog yang dapat menolong guru dalam penggunaan dan penafsiran ayat Alkitab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item View Item