Analisis kesalahan pemecahan masalah matematis siswa materi fpb dan kpk menggunakan four-tier diagnostic test dengan tinjauan polya di SDN Kepanjenlor 2 Kota Blitar / Finta Zakiyatul Fitriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan pemecahan masalah matematis siswa materi fpb dan kpk menggunakan four-tier diagnostic test dengan tinjauan polya di SDN Kepanjenlor 2 Kota Blitar / Finta Zakiyatul Fitriyah

Fitriyah, Finta Zakiyatul (2022) Analisis kesalahan pemecahan masalah matematis siswa materi fpb dan kpk menggunakan four-tier diagnostic test dengan tinjauan polya di SDN Kepanjenlor 2 Kota Blitar / Finta Zakiyatul Fitriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika merupakan salah satu muatan pada pembelajaran SD yang dapat digunakan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah. Kesalahan tidak dipungkiri muncul pada proses pemecahan masalah khususnya muatan matematika. Berdasarkan wawancara di SDN Kepanjenlor 2 kesulitan pengerjaan pada muatan matematika materi FPB dan KPK terjadi pada siswa kelas IV Sultan Hasanuddin. Penelitian ini menggunakan bentuk instrumen four tier diagnostic test dengan tujuan mengkategorikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi FPB dan KPK. Untuk melihat dengan jelas mengenai tingkat kemampuan pemecahan masalah langkah siswa dalam memecahkan masalah ditinjau dengan langkah pemecahan masalah menurut Polya. Pada tinjauan ini jawaban dari siswa dianalisis dari langkah pemahaman masalah perencanaan penyelesaian melaksanakan perencanaan dan pemeriksaan kembali hasil dan proses. Penelitian ini berjenis penelitian metode campuran. Berdasarkan penelitian pada 18 siswa kelas IV kategori dengan jumlah siswa tertinggi adalah misconception (M) dengan persentase 66 7%. Siswa pada kategori ini menuliskan jawaban dan alasan yang salah namun mereka yakin dengan jawaban mereka. Terkait langkah pemecahan masalah persentase kesalahan pada tiap tahap mencapai lebih dari 70%. Adanya miskonsepsi dan kemampuan pemahaman masalah rendah yang dialami oleh siswa ini sebaiknya segera untuk diatasi karena kelak akan mempengaruhi konsepsi mereka pada materi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/256859

Actions (login required)

View Item View Item