Pengembangan e-comic berbasis cerita edukatif pada materi dongeng binatang kelas ii SD NU Mutiara Insani Mojo Kabupaten Kediri / Rega Evilia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-comic berbasis cerita edukatif pada materi dongeng binatang kelas ii SD NU Mutiara Insani Mojo Kabupaten Kediri / Rega Evilia

Evilia, Rega (2022) Pengembangan e-comic berbasis cerita edukatif pada materi dongeng binatang kelas ii SD NU Mutiara Insani Mojo Kabupaten Kediri / Rega Evilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran dengan menggunakan e-comic yang dapat diakses secara online dianggap tepat untuk menjawab tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju. E-comic adalah salah satu media pembelajaran berupa komik digital dalam format elektronik yang dapat diakses secara online dan menyajikan cerita bergambar untuk membantu peserta didik memahami suatu materi. Cerita edukatif merupakan cerita yang mengandung nilai pendidikan yang ingin disampaikan oleh pengarang kepada pembaca. Pada penelitian ini dikembangkan e-comic berbasis cerita edukatif pada materi dongeng binatang. Pengembangan e-comic didasari pada masalah yang ditemui yaitu terbatasnya media pembelajaran yang digunakan sehingga peserta didik kesulitan dalam memahami materi pembelajaran khususnya pada materi dongeng binatang. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan e-comic berbasis cerita edukatif pada materi dongeng binatang kelas II yang valid menurut ahli materi ahli media dan guru (praktisi). Selain itu e-comic juga menarik dan praktis menurut peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis perancangan pengembangan implementasi dan evaluasi. Jenis data yang dianalisis yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi oleh ahli materi ahli media guru (praktisi) serta hasil uji kemenarikan dan kepraktisan oleh peserta didik kelas II. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran yang diberikan oleh validator. Berdasarkan hasil validasi materi diperoleh persentase sebesar 100% yang masuk kategori sangat valid. Berdasarkan hasil validasi media diperoleh persentase sebesar 100% yang masuk kategori sangat valid. Selain itu hasil validasi guru (praktisi) diperoleh persentase sebesar 95% yang masuk kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba kemenarikan dan kepraktisan e-comic berbasis cerita edukatif yang dikembangkan sudah sangat menarik dan sangat praktis sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran. E-comic berbasis cerita edukatif yang dikembangkan telah dinyatakan valid berdasarkan ahli materi ahli media dan guru (praktisi) serta menarik dan praktis oleh peserta didik. E-comic berbasis cerita edukatif dapat membantu peserta didik memahami dan menggali informasi dari dongeng binatang. Selain itu pengembangan e-comic berbasis cerita edukatif diharapkan dapat digunakan dalam pembuatan e-comic berbasis cerita edukatif pada materi dongeng binatang yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/256820

Actions (login required)

View Item View Item