Pengaruh kompetensi tutor pelatihan bahasa inggris terhadap kemampuan berbahasa inggris peserta pelatihan di PKBM Se-Kabupaten Banyuwangi / Alvianita Nur Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kompetensi tutor pelatihan bahasa inggris terhadap kemampuan berbahasa inggris peserta pelatihan di PKBM Se-Kabupaten Banyuwangi / Alvianita Nur Wahyuni

Wahyuni, Alvianita Nur (2022) Pengaruh kompetensi tutor pelatihan bahasa inggris terhadap kemampuan berbahasa inggris peserta pelatihan di PKBM Se-Kabupaten Banyuwangi / Alvianita Nur Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyuni Alvianita Nur. 2022. Pengaruh Kompetensi Tutor Pelatihan Bahasa Inggris terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris Peserta Pelatihan di PKBM se-Kabupaten Banyuwangi. Skripsi Departemen Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ach. Rasyad M.Pd (II) Edi Widianto S.Pd M. Pd. Kata kunci Kompetensi Tutor Kemampuan Berbahasa. Kompetensi adalah kemampuan seseorang untuk melakukan hal yang sesuai dengan bidangnya. Seorang tutor dituntut mempunyai kompetensi untuk menunjang kegiatan pembelajaran supaya tercapai nya tujuan pembelajaran kompetensi yang wajib dimiliki oleh tutor adalah kompetensi pedagogi kompetensi profesional kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Kemampuan berbahasa adalah kesanggupan individu untuk memahami bahasa yang diajarkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh kompetensi tutor pelatihan Bahasa Inggris terhadap kemampuan berbahasa Inggris peserta pelatihan di PKBM se- Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini memiliki tujuan (1) Untuk mengetahui kompetensi tutor di PKBM se-Kabupaten Banyuwangi. (2) Untuk mengetahui kemampuan berbahasa Inggris peserta pelatihan di PKBM se-Kabupaten Banyuwangi. (3) Untuk mengetahui pengaruh antara kompetensi tutor terhadap kemampuan berbahasa Inggris peserta pelatihan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional dan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh peserta pelatihan Bahasa Inggris di PKBM Kabupaten Banyuwangi dengan total 10 PKBM yang menyelenggarakan pelatihan Bahasa Inggris penelitian dilakukan selama lima bulan dari bulan Agustus sampai dengan bulan Desember 2021 dengan jumlah sampel 33 peserta dari 10 PKBM. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket sebagai metode pokok. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan angket pada 10 PKBM yang dinyatakan sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kompetensi tutor pelatihan Bahasa Inggris memiliki nilai 83 4% yang berarti sangat baik sedangkan untuk kemampuan berbahasa Inggris peserta pelatihan memiliki nilai 65 4 yang berarti cukup pengaruh kompetensi tutor memiliki nilai 0 405 yang memilki interpretasi koefisien ldquo cukup kuat rdquo artinya antara kompetensi tutor dengan kemampuan berbahasa mempunyai pengaruh yang cukup kuat. Selain itu signifikan antara variabel (X) Kompetensi Tutor dengan variabel (Y) Kemampuan berbahasa memiliki nilai sig 0 019 yang memilki arti jika nilai signifikan (0 019) lt alfa (0 05) maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh antara kompetensi tutor dengan kemampuan berbahasa Inggris peserta. Semoga dengan adanya penelitian ini bisa menjadi bahan dan pertimbangan untuk semua pihak khususnya untuk tutor pelatihan Bahasa Inggris dalam usaha untuk meningkatkan kualitas dan kinerja dengan memperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas di antaranya kompetensi pedagogi kompetensi profesional kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/256790

Actions (login required)

View Item View Item