Perbedaan persepsi mengenai kenakalan remaja antara siswa kelas reguler dan kelas akselerasi di SMP Negeri 3 Malang / Sandi Wibawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan persepsi mengenai kenakalan remaja antara siswa kelas reguler dan kelas akselerasi di SMP Negeri 3 Malang / Sandi Wibawati

Wibawati, Sandi (2010) Perbedaan persepsi mengenai kenakalan remaja antara siswa kelas reguler dan kelas akselerasi di SMP Negeri 3 Malang / Sandi Wibawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wibawati Sandi. 2008. Perbedaan Persepsi Mengenai Kenakalan Remaja Antara Siswa Kelas Reguler dan Siswa Kelas Akselerasi di SMP Negeri 3 Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.H M.Ramli M.A (II) Drs. Djoko Budi Santoso Kata kunci Persepsi kenakalan remaja siswa SMP Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Pada masa tersebut banyak perubahan yang terjadi mulai dari perubahan fisik sampai perubahan psikologis. Sehingga banyak masalah yang dihadapi pada masa tersebut. Pada masa remaja memasuki taraf pencarian identitas diri. Hal ini menyebabkan remaja menjadi terombang-ambing untuk mencari tokoh yang akan dijadikan panutannya sehingga remaja memiliki kondisi emosional yang labil dan mudah terpengaruh. Setiap remaja memiliki persepsi yang berbeda-beda tergantung dari kondisi diri lingkungan dan kecerdasan. Penelitian dilakukan pada kelas reguler dan kelas akselerasi. Pada kedua kelas tersebut hal-hal yang berbeda yang dapat menyebabkan perbedaan persepsi di antara para siswa. Siswa kelas reguler di SMP Negeri 3 Malang merupakan siswa yang memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata superior sedangkan siswa kelas akselerasi di SMP Negeri 3 Malang merupakan siswa yang memiliki tingkat kecerdasan superior-sangat superior. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) persepsi siswa kelas reguler di SMP Negeri 3 Malang tentang kenakalan remaja (2) persepsi siswa kelas akselerasi di SMP Negeri 3 Malang tentang kenakalan remaja (3) perbedaan persepsi mengenai kenakalan remaja antara siswa kelas reguler dan siswa kelas akselerasi di SMP Negeri 3 Malang. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang. Pengambilan sampel pada kelas reguler dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling sedangkan kelas akselerasi diambil dengan menggunakan sampel total. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah angket berstruktur dengan empat skala jawaban analisis data menggunakan analisis deskriftif dengan persentase dan analisis komparatif dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sangat banyak siswa reguler (94 87%) yang memiliki persepsi sangat tepat tentang kenakalan remaja dan Sangat sedikit (5 13%) yang memiliki persepsi tepat tentang kenakalan remaja. Sangat banyak (91 7%) siswa akselerasi yang memiliki persepsi sangat tepat tentang kenakalan remaja sangat sedikit (8 3%) siswa yang memiliki persesi tepat tentang kenakalan remaja. Tidak terdapat perbedaan persepsi antara siswa akselerasi dan siswa kelas reguler tentang kenakalan remaja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2567

Actions (login required)

View Item View Item