Pengelolaan ekstrakurikuler pramuka untuk peningkatan mutu keterampilan peserta didik dalam masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Srengat / Ayu Chusnul Cholifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan ekstrakurikuler pramuka untuk peningkatan mutu keterampilan peserta didik dalam masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Srengat / Ayu Chusnul Cholifah

Cholifah, Ayu Chusnul (2022) Pengelolaan ekstrakurikuler pramuka untuk peningkatan mutu keterampilan peserta didik dalam masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Srengat / Ayu Chusnul Cholifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi menyebabkan segala kegiatan manusia yang pada umumnya dilakukan secara normal harus mengalami perubahan untuk berhenti berkegiatan secara langsung. Pendidikan merupakan salah satu sektor yang mengalami dampak sangat besar dari adanya pandemi Covid-19 terutama pada aspek pelaksanaan pembelajaran baik untuk kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Dengan kondisi demikian sekolah harus mampu segera melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring untuk mencegah penyebaran secara luas Covid-19. Kegiatan ekstrakurikuler salah satu aspek pembelajaran sebagai penunjang minat dan bakat peserta didik mengalami dampak cukup besar salah satunya ekstrakurikuler pramuka yang merupakan ekstrakurikuler wajib untuk setiap peserta didik. Pandemi ini tentu menghambat dalam pengelolaan ekstrakurikuler pramuka karena segala proses yang ada di dalam pengelolaan harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi pandemi Covid-19. Sehingga hal ini memaksa pembina dan pengurus ekstrakurikuler pramuka merancang kegiatan yang mampu dilaksanakan secara daring dan mampu mengimplementasikan dasar-dasar kepramukaan secara maksimal sehingga mampu meningkatkan keterampilan peserta didik Fokus pada pelaksanaan penelitian ini terdiri dari fokus umum dan fokus khusus. Untuk fokus secara umum menyebutkan bahwa penelitian ini adalah pengelolaan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan keterampilan peserta didik. Kemudian secara khusus fokus penelitian terdapat pada 4 (empat) hal yaitu (1) implementasi fungsi manajemen dalam pengelolaan ekstrakurikuler pramuka di masa pandemi Covid-19 (2) pengembangan pengelolaan ekstrakurikuler pramuka di masa pandemi Covid-19 (3) identifikasi masalah serta solusi dalam pengelolaan ekstrakurikuler pramuka di masa pandemi Covid-19 (4) dampak pandemi Covid-19 terhadap pengelolaan ekstrakurikuler pramuka. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan implementasi fungsi manajemen dalam pengelolaan ekstrakurikuler pramuka di masa pandemi Covid-19 (2) mendeskripsikan pengembangan pengelolaan ekstrakurikuler pramuka di masa pandemi Covid-19 (3) mendeskripsikan identifikasi masalah serta solusi dalam pengelolaan ekstrakurikuler pramuka di masa pandemi Covid-19 (4) mendeskripsikan dampak pandemi Covid-19 terhadap pengelolaan ekstrakurikuler pramuka dalam peningkatan keterampilan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu mengacu pada studi kasus. Penelitian ini berfokus pada upaya dalam mengelola ekstrakurikuler pramuka di tengah pandemi Covid1-19 untuk meningkatkan keterampilan peserta didik. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Srengat yang beralamat di Jl. Jl. Raya Bagelenan Krajan Bagelenan Kec. Srengat Kab. Blitar. Untuk sumber data informan adalah kepala sekolah wakil kepala sekolah bidang kesiswaan pembina ekstrakurikuler pramuka ketua ekstrakurikuler pramuka pengurus ekstrakurikuler pramuka dan peserta didik. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam observasi serta studi dokumentasi. Selanjutnya untuk dilakukan analisis data pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara pengumpulan data penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi memeriksa kebenaran data meningkatkan ketekunan dalam pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan pada 4 (empat) rumusan dalam penelitian. Pertama implementasi fungsi manajemen dalam pengelolaan ekstrakurikuler pramuka yang terdiri dari perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan pengawasan. Pada perencanaan dilakukan penyusunan kegiatan melalui rapat secara daring untuk pengorganisasian dilakukan dengan mengadakan rekruitmen pengurus baru pelantikan dan pembentukan struktur organisasi agar dapat memperjelas terkait dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban selama menjadi pengurus ekstrakurikuler pramuka. Pada pelaksanaan kegiatan pramuka dilaksanakan secara daring yang terdiri dari penyampaian materi penugasan mengadakan lomba dan pelantikan untuk peserta didik. pada pengawasan dilakukan secara daring melalui pengamatan pada presensi peserta didik. Kedua pengembangan pengelolaan ekstrakurikuler pramuka untuk meningkatkan mutu keterampilan peserta didik melalui penciptaan beberapa kegiatan yang inovatif melalui partisipasi peserta didik sehingga dapat membangun kreativitas peserta didik. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pramuka serta memberikan pengalaman yang berbeda dalam mengikuti kegiatan pramuka. Ketiga melakukan identifikasi masalah untuk mengetahui faktor penghambat selama melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler pramuka secara daring di tengah pandemi Covid-19 sehingga dapat tercipta solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah. Dengan begitu akan memberikan penyelesaian masalah secara cepat dan tepat. Keempat dapat mengetahui dampak yang dirasakan selama mengelola kegiatan ekstrakurikuler pramuka di masa pandemi Covdi-19 yang dapat menghambat pelaksanaan kegiatan namun juga dapat memberikan pengalaman yang berbeda selama mengelola kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Berdasarkan pada hasil penelitian ini saran yang diberikan oleh peneliti diberikan kepada 5 (lima) yaitu (1) kepala SMA Negeri 1 Srengat diharapkan dapat melakukan pengembangan pada Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan kualitas kegiatan lebih inovatif (2) pembina ekstrakurikuler pramuka diharapkan mampu menciptakan strategi pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka lebih inovatif (3) pengurus ekstrakurikuler pramuka diharapkan lebih meningkatkan pengetahuan perkembangan teknologi dan mampu membangun pola komunikasi untuk menciptakan kekompakan (4) mahasiswa Administrasi Pendidikan disarankan hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu referensi dalam menentukan tema penelitian berkaitan pada pengelolaan ekstrakurikuler pramuka (5) Peneliti disarankan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi kajian ilmiah serta perbandingan bagi peneliti lain sebagai acuan menyusun karya tulis ilmiah. Pandemi menyebabkan segala kegiatan manusia yang pada umumnya dilakukan secara normal harus mengalami perubahan untuk berhenti berkegiatan secara langsung. Pendidikan merupakan salah satu sektor yang mengalami dampak sangat besar dari adanya pandemi Covid-19 terutama pada aspek pelaksanaan pembelajaran baik untuk kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Dengan kondisi demikian sekolah harus mampu segera melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring untuk mencegah penyebaran secara luas Covid-19. Kegiatan ekstrakurikuler salah satu aspek pembelajaran sebagai penunjang minat dan bakat peserta didik mengalami dampak cukup besar salah satunya ekstrakurikuler pramuka yang merupakan ekstrakurikuler wajib untuk setiap peserta didik. Pandemi ini tentu menghambat dalam pengelolaan ekstrakurikuler pramuka karena segala proses yang ada di dalam pengelolaan harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi pandemi Covid-19. Sehingga hal ini memaksa pembina dan pengurus ekstrakurikuler pramuka merancang kegiatan yang mampu dilaksanakan secara daring dan mampu mengimplementasikan dasar-dasar kepramukaan secara maksimal sehingga mampu meningkatkan keterampilan peserta didik Fokus pada pelaksanaan penelitian ini terdiri dari fokus umum dan fokus khusus. Untuk fokus secara umum menyebutkan bahwa penelitian ini adalah pengelolaan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan keterampilan peserta didik. Kemudian secara khusus fokus penelitian terdapat pada 4 (empat) hal yaitu (1) implementasi fungsi manajemen dalam pengelolaan ekstrakurikuler pramuka di masa pandemi Covid-19 (2) pengembangan pengelolaan ekstrakurikuler pramuka di masa pandemi Covid-19 (3) identifikasi masalah serta solusi dalam pengelolaan ekstrakurikuler pramuka di masa pandemi Covid-19 (4) dampak pandemi Covid-19 terhadap pengelolaan ekstrakurikuler pramuka. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan implementasi fungsi manajemen dalam pengelolaan ekstrakurikuler pramuka di masa pandemi Covid-19 (2) mendeskripsikan pengembangan pengelolaan ekstrakurikuler pramuka di masa pandemi Covid-19 (3) mendeskripsikan identifikasi masalah serta solusi dalam pengelolaan ekstrakurikuler pramuka di masa pandemi Covid-19 (4) mendeskripsikan dampak pandemi Covid-19 terhadap pengelolaan ekstrakurikuler pramuka dalam peningkatan keterampilan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu mengacu pada studi kasus. Penelitian ini berfokus pada upaya dalam mengelola ekstrakurikuler pramuka di tengah pandemi Covid1-19 untuk meningkatkan keterampilan peserta didik. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Srengat yang beralamat di Jl. Jl. Raya Bagelenan Krajan Bagelenan Kec. Srengat Kab. Blitar. Untuk sumber data informan adalah kepala sekolah wakil kepala sekolah bidang kesiswaan pembina ekstrakurikuler pramuka ketua ekstrakurikuler pramuka pengurus ekstrakurikuler pramuka dan peserta didik. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam observasi serta studi dokumentasi. Selanjutnya untuk dilakukan analisis data pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara pengumpulan data penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi memeriksa kebenaran data meningkatkan ketekunan dalam pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan pada 4 (empat) rumusan dalam penelitian. Pertama implementasi fungsi manajemen dalam pengelolaan ekstrakurikuler pramuka yang terdiri dari perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan pengawasan. Pada perencanaan dilakukan penyusunan kegiatan melalui rapat secara daring untuk pengorganisasian dilakukan dengan mengadakan rekruitmen pengurus baru pelantikan dan pembentukan struktur organisasi agar dapat memperjelas terkait dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban selama menjadi pengurus ekstrakurikuler pramuka. Pada pelaksanaan kegiatan pramuka dilaksanakan secara daring yang terdiri dari penyampaian materi penugasan mengadakan lomba dan pelantikan untuk peserta didik. pada pengawasan dilakukan secara daring melalui pengamatan pada presensi peserta didik. Kedua pengembangan pengelolaan ekstrakurikuler pramuka untuk meningkatkan mutu keterampilan peserta didik melalui penciptaan beberapa kegiatan yang inovatif melalui partisipasi peserta didik sehingga dapat membangun kreativitas peserta didik. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pramuka serta memberikan pengalaman yang berbeda dalam mengikuti kegiatan pramuka. Ketiga melakukan identifikasi masalah untuk mengetahui faktor penghambat selama melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler pramuka secara daring di tengah pandemi Covid-19 sehingga dapat tercipta solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah. Dengan begitu akan memberikan penyelesaian masalah secara cepat dan tepat. Keempat dapat mengetahui dampak yang dirasakan selama mengelola kegiatan ekstrakurikuler pramuka di masa pandemi Covdi-19 yang dapat menghambat pelaksanaan kegiatan namun juga dapat memberikan pengalaman yang berbeda selama mengelola kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Berdasarkan pada hasil penelitian ini saran yang diberikan oleh peneliti diberikan kepada 5 (lima) yaitu (1) kepala SMA Negeri 1 Srengat diharapkan dapat melakukan pengembangan pada Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan kualitas kegiatan lebih inovatif (2) pembina ekstrakurikuler pramuka diharapkan mampu menciptakan strategi pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka lebih inovatif (3) pengurus ekstrakurikuler pramuka diharapkan lebih meningkatkan pengetahuan perkembangan teknologi dan mampu membangun pola komunikasi untuk menciptakan kekompakan (4) mahasiswa Administrasi Pendidikan disarankan hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu referensi dalam menentukan tema penelitian berkaitan pada pengelolaan ekstrakurikuler pramuka (5) Peneliti disarankan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi kajian ilmiah serta perbandingan bagi peneliti lain sebagai acuan menyusun karya tulis ilmiah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/256644

Actions (login required)

View Item View Item