Strategi pendampingan guru dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19 guna meningkatkan prestasi peserta didik (studi kasus SMAN 1 Tumpang) / Galuh Wahyunia Pamugari - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pendampingan guru dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19 guna meningkatkan prestasi peserta didik (studi kasus SMAN 1 Tumpang) / Galuh Wahyunia Pamugari

Pamugari, Galuh Wahyunia (2022) Strategi pendampingan guru dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19 guna meningkatkan prestasi peserta didik (studi kasus SMAN 1 Tumpang) / Galuh Wahyunia Pamugari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Strategi pendampingan yang dilakukan guru di SMAN 1 Tumpang sudah sangat baik sehingga pada tahun kedua pandemi Covid-19 prestasi peserta didik di SMAN 1 Tumpang dapat meningkat secara signifikan. Melalui berbagai macam strategi yang dilakukan guru salah satunya yaitu sekolah memiliki progam pembinaan wali kelas yang dilakukan setiap satu minggu sekali dengan tujuan supaya guru dapat melakukan pendekatan kepada peserta didik sehingga guru dapat mudah mengetahui kendala atau permasalahan apa yang sedang dihadapi oleh peserta didik guru juga memberikan wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan bakatnya melalui kegiatan ekstrakurikuler guru selalu memberikan informasi kepada peserta didik terkait kegiatan-kegiatan pelombaan yang dapat diikuti peserta didik di masa pandemi Covid-19. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan prestasi peserta didik di masa pandemi Covid-19 agar dapat bersaing dengan sekolah lain. Fokus penelitian ini adalah (1) Strategi pendampingan yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 (2) Strategi pendampingan yang dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi peserta didik melalui ajang perlombaan di masa pandemi Covid-19 (3) Kendala yang dialami guru dalam proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 (4) Kendala yang dialami peserta didik dalam proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Pendekatan dalam penelitian ini adalah dengan melalui pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang dipakai yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam observasi dan dokumentasi. Lalu analisis data dilakukan dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam proses pengecekan keabsahan data peneliti menerapkan ketekunan pengamatan dan pengecekan informan (member checks). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Strategi pendampingan guru terhadap peserta didik dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19 sudah dilakukan dengan baik. Pembelajaran di SMAN 1 Tumpang menggunakan kurikulum SKS dengan kebijakan darurat Covid-19 pendampingan guru kepada peserta didik mengacu pada SOP kebijakan darurat Covid-19 kegiataan pembinaan yang dilakukan wali kelas setiap hari senin untuk evaluasi pembelajaran di masa pandemi dan untuk mengetahui permasalahan yang dialami peserta didik pemberian motivasi kepada peserta didik guru menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan inovatif selama kegiatan pembelajaran guru mengajar peserta didik untuk bermain game tentunya game yang mengedukasi (2) Strategi pendampingan pembelajaran yang dilakukan guru di SMAN 1 Tumpang untuk meningkatkan prestasi peserta didik adalah guru melakukan pendampingan kepada setiap kegiatan peserta didik memberikan wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat dan minatnya melalui berbagai macam kegiatan seperti pada kegiatan ekstrakurikuler guru selalu memberikan informasi serta dukungan mengenai kegiatan lomban yang dapat diikuti peserta didik guru di SMAN 1 Tumpang selalu memberikan reward bagi peserta didik yang berhasil meraih prestasi baik prestasi akademik maupun non akademik (3) Kendala yang dialami guru di SMAN 1 Tumpang selama proses kegiatan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 adalah masih ada beberapa guru yang belum menguasai IPTEK terutam guru yang sudah tua guru sulit menemukan model pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat peserta didik untuk belajar peserta didik kurang dapat memahami materi karena waktu pembelajaran yang singkat hal tersebut terjadi karena adanya penyederhanaan pada kurikulum SKS dengan kebijakan darurat Covid-19 masih ada guru yang belum paham tentang pembuatan RPP kurikulum SKS dengan kebijakan darurat Covid-19 (4) Kendala yang dialami peserta didik di SMAN 1 Tumpang selama proses kegiatan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 adalah peserta didik mengalami kesulitan dalam hal memahami materi yang telah disampaikan oleh guru karena keterbatasan waktu pembelajaran belum meratanya akses jaringan internet di masing-masing rumah peserta didik biaya kuota internet yang mahal peserta didik banyak yang belum mengusai IPTEK keterbatasan sarana dan prasarana seperti laptop dan handphone yang dimiliki peserta didik. Berdasarkan kesimpulan penelitian dapat disarankan kepada (1) Kepala SMAN 1 Tumpang diharapkan dapat terus melakukan pemantauan mengenai kinerja guru ketika kegiatan pembelajaran berlangsung (2) Waka Kurikulum SMAN 1 Tumpang diharapkan dapat terus mengembangkan kurikulum mengenai keefektifan pelaksanaan kurikulum SKS dengan kebijakan darurat Covid-19 (3) Waka Kesiswaan SMAN 1 Tumpang diharapkan dapat terus mencari lebih banyak informasi dari berbagai sumber terkait kegiatan perlombaan yang dapat diikuti peserta didik di masa pandemi Covid-19 (4) Guru SMAN 1 Tumpang diharapkan dapat terus meningkatkan kompetensinya melalui penguasaan IPTEK meningkatkan pengetahuan mengenai model pembelajaran yang menarik (5) Peserta didik diharapkan dapat lebih meningkatkan semangatnya untuk melakukan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 (6) Ketua Departemen Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang diharapkan untuk dapat menambah referensi dan rujukan tentang strategi pendampingan guru dalam proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 (7) Peneliti lain diharapkan peneliti lain dapat mengembangkan kegiatan penelitian ini dengan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai strategi pendampingan guru dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19 guna meningkat prestasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/256640

Actions (login required)

View Item View Item