Hubungan antara kualifikasi akademik dan kompetensi dengan kinerja Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMA Negeri Se Kota Malang / Icca Nabilah Nisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kualifikasi akademik dan kompetensi dengan kinerja Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMA Negeri Se Kota Malang / Icca Nabilah Nisa

Nisa, Icca Nabilah (2022) Hubungan antara kualifikasi akademik dan kompetensi dengan kinerja Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMA Negeri Se Kota Malang / Icca Nabilah Nisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) adalah tenaga kependidikan yang memiliki tugas dalam pekerjaan administrasi sekolah demi terlaksananya proses pendidikan. Keberadaan TAS di sekolah tergolong penting sebab memiliki jabaran tugas dalam bidang administratif sekolah (Surya 2012). TAS adalah ujung tombak pelayanan bagi warga sekolah. Mengingat urgensi keberadaannya dalam suatu lembaga pendidikan seorang TAS seharusnya mempunyai kualifikasi akademik dan kompetensi yang mumpuni dan memenuhi peraturan perundang-undangan yang relevan. Kualifikasi akademik adalah standar minimal pendidikan yang harus dimiliki oleh TAS untuk bisa menduduki posisi tertentu dan memiliki bukti berupa ijazah atau sertifikat kompetensi yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang relevan. Sedangkan kompetensi adalah seluruh pengetahuan keterampilan dan sikap TAS dalam melakukan suatu pekerjaan serta menjadi acuan dalam menentukan posisi dan jabatan TAS dalam sekolah. TAS yang memenuhi standar kualifikasi akademik dan kompetensi yang relevan akan menunjang kinerja yang mereka hasilkan. Kinerja adalah keseluruhan proses dan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang ditunjukkan oleh TAS dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi sejalan dengan tanggung jawab yang diperoleh. Kualifikasi akademik akan mendorong seseorang untuk menguasai suatu kompetensi sehingga akan berimplikasi pada kinerja yang ditunjukkan saat melaksanakan pekerjaan. Tujuan penelitian ini meliputi (1) mendeskripsikan tingkat kualifikasi akademik TAS di SMA Negeri se-Kota Malang (2) mendeskripsikan tingkat kompetensi TAS di SMA Negeri se-Kota Malang (3) mendeskripsikan tingkat kinerja TAS di SMA Negeri se-Kota Malang (4) mengetahui hubungan antara kualifikasi akademik dan kompetensi TAS di SMA Negeri se-Kota Malang (5) mengetahui hubungan antara kualifikasi akademik dan kinerja TAS di SMA Negeri se-Kota Malang (6) mengetahui hubungan antara kompetensi dan kinerja TAS di SMA Negeri se-Kota Malang (7) mengetahui hubungan antara kualifikasi akademik dan kompetensi dengan kinerja TAS di SMA Negeri se-Kota Malang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif berdasarkan rancangan deskriptif korelasional. Penelitian menggunakan sampel berjumlah 161 orang dari populasi yang berjumlah 270 orang. Lokasi penelitian adalah di SMA Negeri se Kota Malang. Instrumen penelitian menggunakan angket tertutup. Analisis data dilakukan melalui program SPSS 25 for Windows dengan teknik analisis deskriptif korelasi Product Moment Pearson serta korelasi berganda. Simpulan penelitian menghasilkan bahwa (1) tingkat kualifikasi akademik TAS di SMA Negeri se-Kota Malang termasuk pada kategori sangat tinggi berdasarkan perolehan nilai mean sebesar 24 yang berada pada interval 24-28 (2) tingkat kompetensi TAS di SMA Negeri se-Kota Malang termasuk pada kategori sangat tinggi berdasarkan perolehan nilai mean sebesar 127 43 yang berada pada interval 121-148 (3) tingkat kinerja TAS di SMA Negeri se-Kota Malang termasuk pada kategori sangat tinggi berdasarkan perolehan nilai mean sebesar 46 28 yang berada pada interval 43-52 (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualifikasi akademik dan kompetensi TAS di SMA Negeri se-Kota Malang berdasarkan perolehan nilai korelasi sebesar 0 392 dan nilai signifikansi sebesar 0 000 (5) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualifikasi akademik dan kinerja TAS di SMA Negeri se-Kota Malang berdasarkan perolehan nilai korelasi sebesar 0 218 dan nilai signifikansi sebesar 0 008 (6) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi dan kinerja TAS di SMA Negeri se-Kota Malang berdasarkan perolehan nilai korelasi sebesar 0 439 dan nilai signifikansi sebesar 0 000 (7) secara simultan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualifikasi akademik dan kompetensi dengan kinerja TAS di SMA Negeri se-Kota Malang berdasarkan perolehan nilai koefisien korelasi sebesar 0 441 koefisien determinan sebesar 0 195 dan nilai signifikansi sebesar 0 000. Saran penelitian ditujukan pada (1) Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) SMA Negeri se-Kota Malang sebaiknya TAS dapat meningkatkan kualifikasi akademik kompetensi dan kinerja khususnya pada indikator latar belakang pendidikan kualitas kinerja dan kompetensi teknis II bagi petugas layanan khusus (2) Kepala SMA Negeri se-Kota Malang sebaiknya kepala sekolah dapat menentukan program pembinaan serta peningkatan kualifikasi akademik kompetensi dan kinerja khususnya pada indikator latar belakang pendidikan kualitas kinerja dan kompetensi teknis II bagi petugas layanan khusus (3) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sebaiknya kepala dinas pendidikan dapat menentukan program pendidikan dan pelatihan terkait kualifikasi akademik kompetensi dan kinerja khususnya pada indikator latar belakang pendidikan kualitas kinerja dan kompetensi teknis II bagi petugas layanan khusus di wilayah SMA Negeri se Kota Malang (4) Ketua Departemen Administrasi Pendidikan sebaiknya ketua departemen dapat mengembangkan teori kinerja dalam mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dengan menekankan pada teori yang menjelaskan implikasi faktor kualifikasi akademik dan kompetensi terhadap kinerja dan (5) Peneliti lain sebaiknya peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian serupa dengan menekankan pada variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian berkenaan dengan kinerja TAS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/256638

Actions (login required)

View Item View Item