Implementasi manajemen program kegiatan ekstrakurikuler bahasa inggris dalam potensi berbahasa inggris peserta didik (studi kasus Sekolah Menengah Atas 1 Boyolangu) / Erika Septiana Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi manajemen program kegiatan ekstrakurikuler bahasa inggris dalam potensi berbahasa inggris peserta didik (studi kasus Sekolah Menengah Atas 1 Boyolangu) / Erika Septiana Dewi

Dewi, Erika Septiana (2022) Implementasi manajemen program kegiatan ekstrakurikuler bahasa inggris dalam potensi berbahasa inggris peserta didik (studi kasus Sekolah Menengah Atas 1 Boyolangu) / Erika Septiana Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan tempat atau wadah bagi peserta didik dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya. Melalui kegiatan ekstrakurikuler peserta didik dapat mengembangkan bakat dan minat yang dimilikinya. Ekstrakurikuler Bahasa Inggris banyak diminati oleh peserta didik di SMAN 1 Boyolangu. Adanya ekstrakurikuler Bahasa Inggris peserta didik dapat mengembangkan potensi diri mereka diluar jam intrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk (1) penerapan manajemen program kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Boyolangu (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan manajemen program kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Boyolangu (3) upaya dalam mengatasi faktor penghambat dalam penerapan manajemen program kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Boyolangu (4) mendeskripsikan pengembangan potensi diri peserta didik di SMA Negeri 1 Boyolangu melalui program kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus di SMAN 1 Boyolangu. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi (1) mendeskripsikan penerapan manajemen program kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Boyolangu. Penerapan manajemen ekstrakurikuler Bahasa Inggris dimulai dari perencanaan program kerja yang dilakukan oleh pengurus inti dan pembina ekstrakurikuler pengorganisasian pengurus inti ekstrakurikuler yang dilaksanakan setelah kegiatan MPLS dengan menggunakan teknik wawancara pelaksanaan program kerja yang disesuaikan dengan program kerja yang telah dibuat dan evaluasi pelaksanaan program kerja yang dilaksanakan setelah pelaksanaan program kerja dan akhir kepengurusan. (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan manajemen program kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Inggris di SMAN 1 Boyolangu. Faktor pendorong dalam kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Inggris yakni fasilitas sekolah yang mendukung pelaksanaan program kegiatan motivasi yang dimiliki peserta didik pembina yang kompeten dan stakeholder yang mendukung pelaksanaan program kegiatan. Sedangkan faktor penghambat yakni kurang adanya perhatian terkait pendanaan kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Inggris peserta didik yang kurang responsif dalam mengikuti ekstrakurikuler Bahasa Inggris dan dalam pengelolaan kegiatan cenderung kurang terkoordinir dengan baik (3) mendeskripsikan upaya dalam mengatasi faktor penghambat dalam penerapan manajemen ekstrakurikuler Bahasa Inggris di SMAN 1 Boyolangu. Solusi yang dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat yakni pencarian sumber dana dan melakukan iuran mingguan pengurus dan anggota ekstrakurikuler menciptakan lingkungan yang nyaman bagi anggota dan pengurus menjaga komunikasi antar anggota dan melakukan pembagian jobdesk yang sesuai dengan struktur organisasi. (4) mendeskripsikan pengembangan potensi diri peserta didik di SMAN 1 Boyolangu melalui program kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Inggris. Pengembangan potensi diri dalam kegiatan ekstrakurikuler yakni menambah wawasan peserta didik dalam berBahasa Inggris mengembangkan bakat peserta didik dalam berBahasa Inggris belajar mengenai cara berorganisasi kecerdasan linguistik-verbal peserta didik meningkat hal tersebut dapat dilihat dari keikutsertaan peserta didik mengikuti lomba dalam bidang debat news report story telling dan speech. Berdasarkan dari kesimpulan penelitian yang telah dilakukan di SMAN 1 Boyolangu disarankan kepada (1) kepala sekolah bahan dalam evaluasi dan pengembangan ekstrakurikuler Bahasa Inggris di SMAN 1 Boyolangu dalam rangka mengembangkan potensi diri yang dimiliki peserta didik (2) pembina Ekstrakurikuler disarankan dengan adanya penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam proses pengembangan ekstrakurikuler Bahasa Inggris di SMAN 1 Boyolangu dalam rangka mengembangkan potensi diri yang dimiliki peserta didik (3) peserta didik disarankan dengan adanya penelitian ini dapat menjadikan motivasi peserta didik dalam mengembangkan potensi diri yang dimilikinya dalam bidang Bahasa Inggris (4) peneliti lain diharapkan mampu dijadikan sebagai pedoman dalam mengembangkan penelitian yang sejenis sehingga menjadi lebih baik dan mempunyai terobosan baru dan dapat dijadikan referensi sebagai pengetahuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/256632

Actions (login required)

View Item View Item