Pengaruh Model Flipped Classroom terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Sejarah Siswa SMAI Almaarif Singosari Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Model Flipped Classroom terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Sejarah Siswa SMAI Almaarif Singosari Malang

Sania, Nahdia Riza (2022) Pengaruh Model Flipped Classroom terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Sejarah Siswa SMAI Almaarif Singosari Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan ditulisnya artikel ini adalah untuk memaparkan pengaruh model flippedclassroomterhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran sejarah siswa kelas X SMAI AlmaarifSingosari Malang. Alasan penelitian ini dilaksanakan adalah bersumber pada permasalahan yang didapatkan ketika pengamatan awal, yaitu aspek berpikir siswa pada pembelajaran sejarah masih berada pada tingkat pengetahuan dan menghafal belum pada aspek berpikir kritis. Selama proses pembelajaran sejarah sebenarnya mengarahkan siswa untuk memaknai serta memahami peristiwa sejarah. Melalui hal tersebut, upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan diterapkannya model flippedclassroompada pembelajaran sejarah. Metode penelitian yang dipilih adalah metode kuantitatif jenis kuasi ekperimen dengan desain kelompok kontrol tidak setara. Teknik pengumpulan data memakai instrumen tes dengan bentuk soal pilihan ganda beralasan. Teknis analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitanmenunjukkan bahwa peningkatan data nilai kelas eksperimen pada nilai pretestke nilai posttestyaitu meningkat sebesar 53,29 % dengan nilai gain 22,68. Berbeda dengan data nilai kelas eksperimen, data nilai kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 32,27 % pada nilai pretestke nilai posttest-nya dengan nilai gain 13,07. Berdasarkan analisis data, didapatkan hasil thitung 4,135 >ttabel 2,012 dengan sig. 0,000 <sigα 0,05. Melalui hal tersebut kesimpulan yang didapatkan adalah model flippedclassroomberpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:56
Last Modified: 10 Nov 2022 07:56
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2566

Actions (login required)

View Item View Item