Pengembangan Media Pembelajaran Leaflet Berbasis Elektronik Materi Ijen Boulevard Sebagai Peninggalan Kolonial Belanda Di Kota Malang Untuk Menumbuhkan Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Media Pembelajaran Leaflet Berbasis Elektronik Materi Ijen Boulevard Sebagai Peninggalan Kolonial Belanda Di Kota Malang Untuk Menumbuhkan Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Malang

Putri, Virza Ramadhanty (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Leaflet Berbasis Elektronik Materi Ijen Boulevard Sebagai Peninggalan Kolonial Belanda Di Kota Malang Untuk Menumbuhkan Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa Leaflet berbasis elektronik dengan materi Sejarah kawasan Ijen Malang. media pembelajaran ini berbentuk E-Leafletyang dikembangkan melalui aplikasi Canva dan pdf untuk mencapai hasil produk akhir yang diinginkan. Penyusunan media pembelajaran E-Leaflet ini dilatarbelakangi permasalahan pembelajaran di kelas XI MIA masih sangat mengandalkan buku teks sehingga perlu dilakukan inovasi dalam media pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Research& Development (R & D) dengan menggunakan metode menurut Gumanti. Adapun langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang digunakan menurut Gumanti yaitu: model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 komponen yang meliputi: 1) Analysis (analisis), 2) Design (desain), 3) Development (pengembangan), 3) Implementation(implementasi), dan 4) Evaluation (evaluasi). Alasan dari pemilihan metode ini adalah cocok digunakan dikarenakan keterbatasan biaya, waktu dan juga keadaan lapangan yang pada waktu penelitian ini dilakukan sedang ada bencana nasional yaitu pandemi virus covid-19 yang sedang melanda Indonesia sehingga sistem pembelajaran banyak mengalami perubahan baik dalam waktu maupun pola pembelajaran yang diberlakukan oleh sekolah. Berdasarkanhasil uji kelayakan yang telahdilakukan, Hasil validasi materi memperoleh nilai sebesar 96,9%, sementara validasi media memperoleh nilai sebesar 90,7% Hasil perhitungan presentase dari uji coba kelompok kecil memperoleh presentase nilai sebesar 86,2% dan uji coba kelompok besar siswa diperoleh presentase nilai sebesar 89.1%. Materi ini dapat dikembangkan agar lebih baik lagi sehingga produk media pembelajaran ini bisa diselaraskan dengan kurikulum yang diatur oleh dinas pendidikan dengan materi-materi yang berbeda. Secara keseluruhan hasil validasi dan uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sejarah E-Leaflet dikategorikan “Sangat Layak” dan “Sangat Efektif” untuk digunakan sebagai media pembelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:56
Last Modified: 10 Nov 2022 07:56
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2565

Actions (login required)

View Item View Item