Pengembangan media pembelajaran video melalui media sosial tiktok pada materi teknik dasar bermain biola Kelas X musik I SMK Negeri 12 Surabaya / Tabita Christiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran video melalui media sosial tiktok pada materi teknik dasar bermain biola Kelas X musik I SMK Negeri 12 Surabaya / Tabita Christiana

Christiana, Tabita (2021) Pengembangan media pembelajaran video melalui media sosial tiktok pada materi teknik dasar bermain biola Kelas X musik I SMK Negeri 12 Surabaya / Tabita Christiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Christiana Tabita. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Video Melalui Media Sosial Tik-Tok Pada Materi Teknik Dasar Bermain Biola Kelas X Musik I SMK Negeri 12 Surabaya. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Eka Pramono Adi S.I.P. M.Si. (II) Dr. Yerry Soepriyanto S.T. M.T. Kata Kunci video video tik-tok media pembelajaran teknik dasar bermain biola. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa video tiktok materi teknik dasar bermain biola untuk siswa Kelas X SMK Negeri 12 Surabaya. Penerapan media video tiktok ini sebagai tambahan dalam pembelajaran Teknik Dasar Bermain Biola yang dapat digunakan dimanfaatkan oleh siswa sebagai tambahan pengetahuan. Penelitian ini menggunakan metode Sadiman dkk 2010. Pada penelitian dan pengembangan Sadiman 2010 meliputi 9 tahap pengembangan yaitu (1) menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa (2) merumuskan tujuan instruksional (3) merumuskan materi secara terperinci (4) mengembangkan alat pengukur keberhasilan (5) menulis naskah media (6) produksi (7) mengadakan validasi ahli media dan ahli materi (8) revisi (9) produk siap dimanfaatkan. Validasi dilakukan kepada ahli media dan ahli materi dengan menggunakan instrument angket. Sedangkan uji coba lapangan penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 6 orang di SMK Negeri 12 Surabaya. Uji coba lapangan yang dilakukan kepada siswa untuk melihat efektivitas produk dan hasil belajar siswa. Hasil dari validasi ahli media mendapatkan presentase sebesar 90% dan ahli materi sebesar 94%. Sedangkan hasil uji coba siswa menunjukkan hasil sebesar 80 41 %. Dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan mendapatkan respon yang positif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa belajar dengan tuntas setelah menggunakan produk yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/256498

Actions (login required)

View Item View Item