Persepsi mahasiswa perguruan tinggi terhadap pembelajaran daring sinkronus pada masa pandemi covid-19 / 'Azmi Basyar Ridwan - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi mahasiswa perguruan tinggi terhadap pembelajaran daring sinkronus pada masa pandemi covid-19 / 'Azmi Basyar Ridwan

Ridwan, 'azmi Basyar (2022) Persepsi mahasiswa perguruan tinggi terhadap pembelajaran daring sinkronus pada masa pandemi covid-19 / 'Azmi Basyar Ridwan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran dengan memanfaatkan jaringan internet dalam pendidikan disebut dengan pembelajaran daring. Banyak pendidik yang telah menerapkan model pembelajaran daring sinkronus dalam proses mengajar sehingga menimbulkan persepsi peserta didik yang berbeda dengan proses pembelajaran secara luring. Persepsi yaitu proses individu dalam menginterpretasikan mengorganisasikan dan memberi makna terhadap stimulus yang berasal dari lingkungan di mana individu itu berada yang merupakan hasil dari proses belajar dan pengalaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa dan mengetahui pelaksanaan dalam pembelajaran daring mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan triangulasi sumber data yang kemudian dianalisis menggunakan penggabungan hasil observasi wawancara serta dokumentasi yang akan melahirkan keluasan pengetahuan baru untuk memperoleh kebenaran dari hasil akhir analisis kemudian dideskripsikan. Subjek penelitian ini adalah beberapa mahasiswa Teknologi Pendidikan angkatan 2018 dengan jumlah 5 mahasiswa yang telah mengikuti semua mata kuliah pada semester 6. Hasil dari peneltian mendapatkan persepsi positif mahasiswa terhadap pembelajaran daring berdasarkan aspek belajar mengajar kapabilitas (kemampuan dosen) dan sarana dan prasarana. Namun demikian pembelajaran daring masih terkendala oleh akses internet yang masih terbatas khususnya di daerah rural dan kondisi ekonomi mahasiswa yang terbatas sehingga tidak memiliki perangkat yang memadai untuk mengakses aplikasi pada pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/256492

Actions (login required)

View Item View Item