Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran sejarah indonesia materi perkembangan kerajaan hindu buddha di nusantara untuk kelas x / Aci Williana Mulya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran sejarah indonesia materi perkembangan kerajaan hindu buddha di nusantara untuk kelas x / Aci Williana Mulya

Mulya, Aci Williana (2021) Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran sejarah indonesia materi perkembangan kerajaan hindu buddha di nusantara untuk kelas x / Aci Williana Mulya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada jenjang sekolah menengah atas (SMA) kelas X dalam mata pelajaran sejarah terdapat materi yang membahas seputar kerajaan Hindu dan Buddha di Nusantara. Pada proses penyampaian materi seringkali dilakukan dengan cara menyapaikan materi secara verbal tanpa adanya media pendukung kalaupun ada seringkali hanya berupa buku dan slide Power Point sehingga membuat minat belajar siswa turun. Kurangnya media pendukung yang lebih interaktif dan dapat memacu motivasi belajar siswa sangat dibutuhkan agar proses penyampaian informasi dapat berjalan dengan baik selama proses pembelajaran. Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk berupa media pengembangan media interaktif dalam pembelajaran sejarah indonesia pada materi perkembangan kerajaan hindu buddha di nusantara. Research and Development (R amp D) atau penelitian dan pengembangan adalah suatu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Pada metode pengembangan mengacu pada Model Lee amp Owens (2004) dengan tahapan (analysis design development implementasi). Dengan penerapan media pengembangan media interaktif dalam pembelajaran sejarah indonesia pada materi perkembangan kerajaan hindu buddha di nusantara media sebagai pelengkap materi yang disampaikan guru didalam kelas dan juga sebagai tambahan yang berarti siswa dapat melakukan pembelajaran mandiri di manapun dan kapanpun. Dalam hal ini siswa dapat melakukan pembelajaran secara mandiri dengan mengukur penguasaan materi melalui latihan soal yang terdapat pada multimedia interaktif. Kelayakan produk ini telah diuji oleh ahli media adalah seorang dosen Teknologi Pendidikan dengan hasil presentase jawaban positif sebesar 100 % dan ahli materi seorang guru pengajar matapelajaran sejarah berpengalaman mengajar lebih dari 10 tahun dengan hasil presentase jawaban positif sebesar 100 % yang dapat diartikan mendapati kriteria layak. Produk juga telah diujicobakan kepada siswa kelas X SMAN 1 Tarik sebanyak 10 orang siswa dengan hasil penelitian mendapatkan tanggapan mayoritas positif 85 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif memiliki keistimewaan yaitu memudahkan siswa menambah ketertarikan siswa serta menambah motivasi siswa dalam aktifitas belajar siswa dengan ini dinyatakan layak digunakan. Kedepanya pengembangan multimedia interaktif mampu dikembangkan menjadi lebih menarik dan mudah diakses.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/256487

Actions (login required)

View Item View Item