Pengembangan multimedia interaktif panas dan perpindahannya kelas v SDN vi Ngunut / Fidiatul Nabila - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif panas dan perpindahannya kelas v SDN vi Ngunut / Fidiatul Nabila

Nabila, Fidiatul (2022) Pengembangan multimedia interaktif panas dan perpindahannya kelas v SDN vi Ngunut / Fidiatul Nabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mempengaruhi dunia pendidikan. Maka dari itu dalam dunia pendidikan harus dapat memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar. Namun kenyataannya banyak guru yang masih menggunakan media pembelajaran yang konvensional dengan metode ceramah dan media papan tulis sehingga suasana belajar kurang menarik yang dapat mempengaruhi potensi belajar siswa. Diperlukan pengembangan lebih lanjut mengenai media pembelajaran yang sesuai dengan karakter peserta didik saat ini yaitu multimedia pembelajaran interaktif berbasis Android. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk (1) Mengembangkan multimedia interaktif panas dan perpindahannya (2) Mengetahui kelayakan produk multimedia interaktif panas dan perpindahannya. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan penelitian Research and Development (R amp D) yang dikembangkan dengan model Lee and Owens.. Penelitian dan pengembangan ini terbagi dalam lima tahap (1) analisis (2) perencanaan (3) pengembangan (4) implementasi serta (5) evaluasi Hasil dari penelitian dan pengembangan berupa multimedia pembelajaran interaktif dengan menu petunjuk SK amp KD Materi Quiz Informasi. Proses pembelajaran dilakukan dengan PC dan laboratorium komputer. Hasil validasi ahli media dan materi dinyatakan ldquo valid rdquo dengan persentase 98 61% dan 91 76%.. Uji coba kelompok kecil kepada 4 peserta didik dan uji coba kelompok besar dengan 24 peserta didik menunjukkan kriteria valid rdquo juga dengan persentase 95 80% dan 94 37% menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran menarik dan layak untuk digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif materi panas dan perpindahannya menghasilkan kategori layak serta valid digunakan dalam pada proses pembelajaran. Saran yang diberikan untuk pemanfaatan multimedia pembelajaran ini adalah mengembangkan kompetensi dasar lainnya dalam multimedia pembelajaran agar dapat digunakan selama kegiatan pembelajaran. Untuk selanjutnya tahapan pengembang bisa mencapai uji efektivitas penggunaan. Serta perlu mengembangkan kreativitas agar tampilan multimedia lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/256346

Actions (login required)

View Item View Item