Implementasi penyenggaraan layanan inklusif di SMP Negeri 06 Trenggalek / Zenit Bahariana - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi penyenggaraan layanan inklusif di SMP Negeri 06 Trenggalek / Zenit Bahariana

Bahariana, Zenit (2020) Implementasi penyenggaraan layanan inklusif di SMP Negeri 06 Trenggalek / Zenit Bahariana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahariana Zenit. 2019. Implementasi Penyenggaraan Pendidikan Inklusif ABK di Smpn 06 Trenggalek. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda M.Pd (2) Dr. Asep Sunandar S.Pd M.AP Kata Kunci Implementasi pendidikan inklusif ABK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pendidikan inklusif di SMP Negeri 06 Trenggalek. Kabupaten Trenggalek telah mendeklarasikan sebagai kota inklusif sejak tahun 2013. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut ladi utamanya di sekolah yang telah direkomendaskan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Trenggalek yaitu SMP Negeri 06 Trenggalek. Lingkup yang diteliti antara lain adalah mengenai persiapan sekolah dalam penerimaan murid baru yang memiliki hambatan khusus guru pendamping khusus yang telah disiapkan oleh sekolah kurikulum seperti apa yang akan diberikan kepada anak-anak berkebutuhan khusus dan juga bagaimana menejemen kelas yang akan di gunakan oleh sekolah dalam memberikan layanan pendidikan inklusif terhadap anak-anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Seperti yang diatakan oleh Moleong (2006 6) bahwa penelitian kualitatif merupakan suatu penelitian yag bermaksud untuk memahami fenomena apakah yang terjadi pada subjek penelitian. Hasil dari penelitian di SMP Negeri 06 Trenggalek menunjukan bahwa sekolah menjalankan aturan yaitu harus menerima anak-anak berkebutuhan khusus di sekolah reguler. Namun dalam menjalankan pendidikan inklusif SMP Negeri 06 Trenggalek masih memiliki banyak sekali kekurangan. Mulai dari tenaga kerjanya karena SMP Negeri 06 Trenggalek belum memiliki guru dari pendidikan khusus sehingga sedikit menghambat dalam setiap pelaksanaannya pendidikan inklusif. Saran yang dapat di berikan peneliti keada kepala sekolah diharapkan kepala sekolah dapat mendukung implementasi penyelenggaraan pendidikan inklusif ini berdasarkan standar operasional pendidikan yang telah di tentukan oleh Kabupaten Trenggalek Pergub dan juga Permendiknas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2020 04:29
Last Modified: 15 Dec 2022 00:53
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/256289

Actions (login required)

View Item View Item