Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (Standar ISI, standar kompetensi lulusan, proses pembelajaran) di RSDBI Lawangan Daya II Pamekasan / Citra Fitri Kholidya - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (Standar ISI, standar kompetensi lulusan, proses pembelajaran) di RSDBI Lawangan Daya II Pamekasan / Citra Fitri Kholidya

Kholidya, Citra Fitri (2011) Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (Standar ISI, standar kompetensi lulusan, proses pembelajaran) di RSDBI Lawangan Daya II Pamekasan / Citra Fitri Kholidya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci standar isi kompetensi lulusan proses pembelajaran Standar Isi merupakan ruang lingkup materi dan tingkat kompotensi yang dituangkan dalam kriteria tentang kompetensi tamatan kompetensi bahan kajian kompetensi mata pelajaran dan silabus yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Kompetensi Lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap pengetahuan dan keterampilan. Sedangkan proses pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan bersama guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan dapat membangkitkan semangat peserta didik untuk belajar secara mandiri dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi kurikulum RSBI di SDN Lawangan Daya II Pamekasan khususnya dalam pelaksanaan SI SKL dan proses pembelajaran sesuai dengan ciri tambahan yang merupakan karakteristik esensial Sekolah Dasar Bertaraf Internasional. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti merupakan instrumen kunci dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini peneliti menjadi partisipasi moderat dalam pelaksanaan pengumpulan data selama di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan mengoreksi kelengkapan data dari masing-masing instrumen yang telah dipersiapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SDN Lawangan Daya II merupakan sekolah yang telah menerapkan SI SKL dan proses pembelajaran sesuai dengan BSNP mengadaptasi kurikulum dari negara OECD selanjutnya disesuaikan dengan kondisi sekolah. Skala prioritas adalah pengembangan SDM yang ada pengusaan Bahasa Inggris aktif pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Bahasa yang digunakan dengan bilingual. Ciri khas RSBI di SDN Lawangan Daya adalah dengan ada mata pelajaran Science and math yaitu mata pelajaran IPA dan Matematika dengan bilingual yaitu Bahasa Inggris kemudian jika menjadi kosakata baru guru menerjemahkan kedalam Bahasa Indonesia. Model pembelajaran dengan pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan. Guru selalu berupaya menjadikan siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran. Guru dengan aktif menggunakan bahasa Inggris dalam komunikasi dengan siswa dan membiasakan siswa juga berbahasa Inggris aktif. Pembelajaran yang berlangsung di kelas dengan berbasis TIK agar pembelajaran lebih menarik perhatian siswa. Guru akan memberikan program remidi bagi siswa yang nilainya kurang dari KKM yang telah ditentukan. Pengembangan agar menjadi SBI terus dilakukan demi kualitas terbaik. Ciri SBI yang belum diterapkan adalah sistem administrasi berbasis TIK SI idealnya standar dengan Sekolah Bertaraf Internasional SKL bestandar internasional proses pembelajaran menjadi tauladan serta menjalin sister school.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/256

Actions (login required)

View Item View Item