Pengembangan media pemara untuk pembelajaran keragaman suku bangsa dan budaya pada muatan IPS Siswa Kelas IV SD / Vinda Heda Rakhmania - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pemara untuk pembelajaran keragaman suku bangsa dan budaya pada muatan IPS Siswa Kelas IV SD / Vinda Heda Rakhmania

Rakhmania, Vinda Heda (2021) Pengembangan media pemara untuk pembelajaran keragaman suku bangsa dan budaya pada muatan IPS Siswa Kelas IV SD / Vinda Heda Rakhmania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran perlu media sebagai salah satu perantara penyalur pesan dari guru kepada siswa. Penggunaan media dapat memudahkan siswa dalam memahami materi membuat suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan serta mudah diingat. Akan tetapi media pembelajaran berbentuk visual untuk IPS SD masih terbatas dan guru kurang memiliki waktu untuk mengembangkan media yang dibutuhkan. Penelitian dan pengembangan ini dimaksudkan untuk merancang dan mengembangkan produk media pembelajaran berbasis visual berupa peta magnet nusantara (PEMARA) yang layak dan praktis dapat digunakan di lapangan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall akan tetapi menggunakan 7 dari 10 langkah yang ada yaitu (1) Penelitian dan Pengumpulan Data (2) Perencanaan (3) Pengembangan Produk (4) Uji Validasi Produk (5) Revisi Hasil Uji Coba/Validasi (6) Uji Coba Produk Lapangan (7) Penyempurnaan Produk Akhir. Data diperoleh dari hasil uji validasi produk dan uji coba lapangan. Komentar dan saran dari ahli serta hasil uji coba lapangan digunakan untuk perbaikan produk. Produk hasil pengembangan berupa papan magnetik kartu pemain buku petunjuk dan reward kartu bermagnet. Papan magnetik berbentuk seperti papan catur terbuat dari kayu yang dilapisi magnet serta ditempel gambar peta Indonesia. Kartu pemain terbuat dari kertas glossy seperti kartu kwartet berukuran 7 cm x 5 5 cm yang terdiri dari 3 set berisi rumah adat pakaian adat dan tarian adat yang masing-masing berjumlah 34. Buku petunjuk berukuran 12 cm x 9 cm dari kertas glossy yang berisi langkah-langkah cara menggunakan produk tersebut. Reward hasil pengumpulan kartu pemain berbentuk persegi panjang berukuran 7 cm x 5 5 cm dengan gambar rumah adat yang dilengkapi dengan magnet agar bisa menempel pada papan magnetik berjumlah 34. Hadiah untuk pemenang yang mendapat reward terbanyak berupa miniatur rumah adat DKI Jakarta. Hasil validasi produk oleh ahli media diperoleh skor sebesar 76 atau 95% sesuai dengan kriteria dalam kategori sangat layak. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor sebesar 35 atau 87 5% sesuai dengan kriteria dalam kategori sangat layak. Hasil uji coba pengguna (guru) diperoleh skor sebesar 114 atau 95% sesuai dengan kriteria dalam kategori sangat layak. Hasil uji coba pengguna (siswa) diperoleh skor sebesar 96 atau 96% sesuai dengan kriteria dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada penelitian selanjutnya agar pengembangan media peta mencakup aspek budaya yang lebih luas atau dengan materi lain yang sejenis dan belum dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/255825

Actions (login required)

View Item View Item