Korelasi antara self esteem dengan perilaku asertif siswa SMP Negeri 20 Malang / Fatma Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi antara self esteem dengan perilaku asertif siswa SMP Negeri 20 Malang / Fatma Anggraini

Anggraini, Fatma (2010) Korelasi antara self esteem dengan perilaku asertif siswa SMP Negeri 20 Malang / Fatma Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraini Fatma. 2009. Korelasi Antara Self- Esteem dan Perilaku Asertif Siswa SMP N 20 Malang Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Widada M.Si (II) Drs. M. Bisri M.Si Kata Kunci Konsep Diri Self- Esteem Perilaku Asertif Self- Esteem adalah suatu perasaan dan perilaku yang diwujudkan seseorang berdasarkan hasil penilaian terhadap dirinya. Perilaku asertif adalah perilaku individu yang mampu mengekspresikan perasaan baik positif maupun negatif dan mampu mengungkapkan pikirannya secara tegas dan bebas dengan tetap memperhatikan perasaan orang lain. Secara sederhana perilaku asertif dapat dinyatakan sebagai kemampuan untuk menyatakan dirinya tanpa mengganggu atau merugikan orang lain Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Deskriptif Korelasi yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara Self- Esteem dan Perilaku Asertif. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan sampel yang digunakan adalah siswa- siswi SMP N 20 Malang kelas VIII yang berjumlah 80 siswa. untuk memperoleh gambaran tentang Self- Esteem menggunakan rumus Product Moment untuk pengujian hipotesisnya kerena bila analisis yang dilakukan adalah uji korelasi antara dua variabel yang berskala interval atau rasio maka dapat dipilih Korelasi Product Moment . Dalam penelitian ini Ho diterima dan Ha ditolak dengan P 0 08 0 05 walaupun peneliti telah menjabarkan bahwa terdapat teori yang menjelaskan adanya korelasi antara Self- Esteem dan Perilaku Asertif ini tetapi dalam prakteknya di SMP N 20 Malang tidak menemukan adanya indikasi terdapat korelasi yang signifikan antara kedua variabel hal ini dikarenakan oleh pengaruh lingkungan sekolah yang tidak mendukung seperti teman sebaya hal ini membuat siswa yang sebenarnya memilki Self- Esteem yang tinggi tetapi belum tentu memilki Perilaku Asertif yang tinggi pula. Seseorang yang dinilai baik oleh lingkungannya belum tenttu bisa mempertahankan hak dan secara tegas memberikan penolakan terhadap hal- hal yang tidak baik seperti membolos usil menyontek dll. Harapan dari penelitian ii adalah jika Self- Esteem dari seseorang tinggi maka diharapkan seseorang tersebut memiliki Perilaku Asertif yang tinggi pula namun dalam penelitian ini tidak menyebutkan adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel jadi diharapkan untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk memperhatikan faktor- faktor yang dapat mempengaruhi kedua variabel dan memperhatikan peran siswa yang memiliki Self- Esteem dan Perilaku yang rendah tinggi dan cukup. Selain itu diharapkan penelitian ini dapat diteliti dengan menggunakan menggunakan metode penelitian kualitatif untuk menjadi alternatif pilihan metode penelitian yang memungkinkan mengasilkan penelitian yang lebih sempurna

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2558

Actions (login required)

View Item View Item