Studi tingkat penerapan CBSA dalam pembelajaran biologi kelas II semester III di SMU Negeri se-kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2001/2002 / oleh Nanik Setianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tingkat penerapan CBSA dalam pembelajaran biologi kelas II semester III di SMU Negeri se-kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2001/2002 / oleh Nanik Setianingsih

Nanik (2007) Studi tingkat penerapan CBSA dalam pembelajaran biologi kelas II semester III di SMU Negeri se-kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2001/2002 / oleh Nanik Setianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK SetianingsihN anik 2w2. Studi Tingtat PeneropanG BSAd alam Pembelqiaran Biologt Kelas II Semester3 di SMU Negeri se KabupatenT ulungagung Tahui Aiaran 2001/2002. Skripsi. Jgrusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang.P embimbing ( I) Drs. Iladi Ndargono( t r) Drs. TriastonoI P M Pd Kab-kata Kunci CBSA PembelajaranB iologi Penelitiani ni bertolak dari pelaksanaank grilulgm 1993y ang menganuta zas GBSA melalui pendekatank ctrampilan proses.D enganm asihd ianjurkannya penerapanc nsh dalam pembclajaranm cmbcrikanp ctunjuk bahwap crananc BsA lafan ieningkatan muhr-pendidikrna dalaht idak kecil. Agar penerapanC BSA dapat Aiperbaiti niata perlu dilakukan pemantauand an evaluasit erhadapp enerapanC BSA dalamp embelajaranP. enelitiani ni bertujganu ntuk mengetahuti ingkat penerapan CBSA dalam pembelajaranb iologi kclas tr semester3 di SMUNegeri se-Kabupaten Tulungagungia trun ajaran 2OOIDOOd an faktor-faktor yang mendukungt ingkat p enera-rprar nCt aB S A. penelitian yang digunakan.lqltm penslitian ini adalah deslaiptif. Populasi dalarnpenelitianini adalatr kepata sekola[ gury biglogl kelas 4_dan siswa tcetasU di SMU Negeri se-kabupatenT ulungagungy ang berjumlah l0 SMU Negeri. Sampelp enelitiani ni aaaun sa.p l kelasd an sampelr espondenS. ampelk elas OiamUil aengante taikTwo Stagi Cluster Samplingd engant i f oJ4 dan masingmasingS Md la kelas.S ampelr espondena Oatattri na fepsla sekotahd an sembilan glll u b iologi sampelk elas.P inelitian ini menggunakan5 indikator CBSA yaitu (1) ifti it Uetai iiswa (2) aktivitas guru mengejar (3) program befajar (4) suasana belajar ( 5) saranab elajar. Tetnik pengambiland ata dilahrkan melalui observasi terhadapp rosesp embeiajaranb iologi dan kuisioner.T eknik analisisd ata dilskukln den-g anp ersentased an uji korelasiR azft Spearnan. flasit penelitianm enunj kkrn bahwat ingkat penerapanC BSA lam pembelajaranb iologi kelast r semester3 di SMU Negeri se-Kabupate.Tnu ltmgagung iattun alaran Z Olli Ozsdalah 65 ll%oatau tergolong dalam katego 9 p. Faktor faktor yang mendukungt ingkat penerapanC BSA dalam pembelajaranb iologi yaitu (1) Posisi aAu perao ggru A kehs sebagai fasilitator motivator dan moderator L luj (z) Pemanfaaranfr silios sekolah l aboratoriumd an lingkrmeFns ekolah sebagasi aranab elajar d an (3) Pengelolaank elas denganp engelompokans iswa selama diskusi dan eksPerimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25561

Actions (login required)

View Item View Item