Implementasi dan Kendala E-Learning Madrasah oleh Guru Sejarah dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Peminatan IPS di MAN 1 Kota Kediri - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi dan Kendala E-Learning Madrasah oleh Guru Sejarah dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Peminatan IPS di MAN 1 Kota Kediri

Afhimma, Izza Yuspriana (2022) Implementasi dan Kendala E-Learning Madrasah oleh Guru Sejarah dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Peminatan IPS di MAN 1 Kota Kediri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran terjadi perubahan di masa pandemi COVID-19 di mana sebelumnya dilaksanakan melalui tatap muka kemudian beralih menjadi pembelajaran jarak jauh atau online. Kebijakan ini diterapkan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona di kalangan guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil observasi ditemukan data bahwa pada kegiatan pembelajaran menggunakan E-Learning Madrasah mengalami kendala yaitu terbatasnya koneksi internet, minimnya interaksi antara guru dan peserta didik serta penggunaan fitur-fitur yang belum maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses implementasi, kendala, dan upaya yang telah dilakukan selama pelaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan E-Learning Madrasah oleh guru sejarah pada kelas peminatan IPS di MAN 1 Kota Kediri. Pentingnya penelitian ini didasarkan alasan kesulitan guru maupun peserta didik dalam menggunakan E-Learning Madrasah pada kegiatan pembelajaran jarak jauh dengan penerapan Kurikulum Darurat Masa Pandemi dan anjuran penggunaan E-Learning Madrasah berdasarkan kebijakan KEMDIKBUD dan KEMENAG. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum, operator madrasah, guru sejarah, dan peserta didik kelas X, XI, XII IPS MAN 1 Kota Kediri. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, analisis data yang dilakukan yaitu sesuai tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga kesimpulan. Pertama, implementasi E-Learning Madrasah merupakan aplikasi pembelajaran daring yang telah sinkron dengan kebijakan pembelajaran jarak jauh yang dikeluarkan KEMDIKBUD dan KEMENAG. Kegiatan pembelajaran menggunakan E-Learning Madrasah di MAN 1 Kota Kediri sudah terlaksana dengan baik oleh guru sejarah namun, dalam pelaksanaannya belum maksimal dan diperlukan adanya evaluasi dari pengguna. Kedua, kendala dalam implementasi E-Learning Madrasah berkaitan dengan beberapa aspek yaitu aspek sarana dan prasarana yang meliputi jaringan internet yang kurang mendukung, pemberian kuota internet yang tidak merata, server down, dan penyimpanan yang terbatas pada E-Learning Madrasah; aspek sumber daya manusia diantaranya guru maupun peserta didik kurang mahir dalam mengoperasikan E-Learning Madrasah, motivasi belajar peserta didik yang rendah, interaksi guru dan peserta didik yang minim; aspek kegiatan pembelajaran meliputi penggunaan fitur E-Learning Madrasah oleh guru belum maksimal. Ketiga, upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam implementasi E-Learning Madrasah adalah meningkatkan sistem provider di sekolah, pemberian kuota internet dari KEMDIKBUD dan KEMENAG, menambah kapasitas server jaringan, kecepatan, dan bandwidth, peningkatan fitur E-Learning Madrasah pada fitur penyimpanan serta guru menyediakan penyimpanan eksternal; meningkatkan kompetensi guru dalam mengikuti pelatihan dan berusaha membangun komunikasi aktif dengan orang tua peserta didik; guru membuat dan menyediakan bahan ajar yang beragam, peserta didik dapat memperbanyak referensi mengenai materi sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:56
Last Modified: 10 Nov 2022 07:56
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2554

Actions (login required)

View Item View Item