Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media game monopoli pada siswa kelas VIII MTS Assa'adah II Bungah / Ishmatud Diyanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media game monopoli pada siswa kelas VIII MTS Assa'adah II Bungah / Ishmatud Diyanah

Diyanah, Ishmatud (2020) Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media game monopoli pada siswa kelas VIII MTS Assa'adah II Bungah / Ishmatud Diyanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan hal yang diperlukan siswa dalam pembelajaran di kelas maupun lingkungan tempat tinggal. Observasi yang dilakukan guru sekaligus peneliti menemukan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Tujuan penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media game monopoli pada siswa kelas VIII MTs Assa’adah II Bungah. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan tes tulis. Instrumen penelitian menggunakan tes soal esai, lembar observasi peningkatan berpikir kritis, lembar keterlaksanaan guru dan siswa. Hasil penelitian dijelaskan sebagaimana berikut: 1) Persentase observasi siklus I yakni 76,67% sedangkan persentase observasi siklus II yakni 86,67% terjadi peningkatan berpikir kritis antara siklus I dan siklus II yakni sebesar 10%. 2) Persentasi ketuntasan pretest siklus I sebesar 66,67% dan pada postest sebesar 76,67% terjadi peningkatan pada pada peresentase siswa yang memenuhi KKM antara prestest dan postest siklus I sebesar 10% . Sedangkan persentasi ketuntasan prestes siklus II sebesar 76,67% dan pada postest sebesar 90% terjadi peningkatan pada pada peresentase siswa yang memenuhi KKM antara prestest dan postest siklus II sebesar 13,3%. Selain itu pada postest siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 13,33%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/255371

Actions (login required)

View Item View Item