Kompetensi profesional guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam mengembangkan profesionalitas melalui tindakan reflektif di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Malang / Khilma Azis Wakhidatus Saadah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kompetensi profesional guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam mengembangkan profesionalitas melalui tindakan reflektif di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Malang / Khilma Azis Wakhidatus Saadah

Saadah, Khilma Azis Wakhidatus (2021) Kompetensi profesional guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam mengembangkan profesionalitas melalui tindakan reflektif di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Malang / Khilma Azis Wakhidatus Saadah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Saadah Khilma A.W. 2021. Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Profesionalitas Melalui Tindakan Reflektif Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Sukowiyono S.H M.Hum. (II) Dr. Didik Sukriono S.H M.Hum. Kata Kunci Kompetensi Profesional PTK Kemajuan Zaman Dengan Belajar Dari Berbagai Sumber Kompetensi profesional merupakan kemampuan guru dalam penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Teknik analisis data menggunakan kegiatan data reduction data display dan conclusion drawing/ verification. Peneliti menguji keabsahan data dengan 1) Meningkatkan ketekunan 2) Triangulasi sumber. Hal tersebut terdapat hasil penelitian 1) guru melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri dengan melakukan perbaikan kinerja sebelumnya mengubah strategi dan media untuk memperbaiki kinerja selanjutnya jadi guru mengetahui kinerja yang dilakukannya. 2) guru dalam melakukan refleksi untuk mengetahui kinerja sendiri memiliki banyak manfaat dengan adanya manfaat yang guru dapatkan diharapkan guru terus melakukan refleksi dan mendapatkan peningkatan dalam kinerjanya. 3) penelitian tindakan kelas memiliki banyak manfaat jika guru melakukannya manfaat tidak hanya didapatkan guru melainkan juga siswa. Sehingga guru dalam mengatasi permasalahan di kelas guru melakukan penelitian tindakan kelas agar guru dapat dikatakan guru yang profesional. 4) guru mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber dengan cara belajar teknologi dan mencari sumber referensi baru selain itu juga guru mampu memanfaatkan media yang sudah ada menjadi media pembelajaran yang menarik. Sehingga dengan guru mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber guru mendapatkan manfaat serta peningkatan dalam kinerjanya. Saran sebagai bahan evaluasi guru diantaranya yaitu 1) pelaksanaan refleksi kinerja sendiri dilakukan individu atau berdiskusi dengan guru lainnya 2) Pemanfaatan hasil refleksi dilakukan oleh guru lebih baik jika hasilnya didiskusikan dengan guru lainnya 3) guru melakukan penelitian tindakan kelas untuk menunjang karir peningkatan profesionalitas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran 4) Guru dalam mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber diharapkan bisa berinovasi kreatif upto date tidak alergi dengan teknologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/255363

Actions (login required)

View Item View Item