Pengembangan model pembelajaran learning cycle 7e setting peer learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran PPKN / Desi Yunita Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran learning cycle 7e setting peer learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran PPKN / Desi Yunita Putri

Putri, Desi Yunita (2021) Pengembangan model pembelajaran learning cycle 7e setting peer learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran PPKN / Desi Yunita Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kemajuan bangsa. Dalam perkembangannya dunia pendidikan senantiasa melakukan peningkatkan mutu. Salah satunya yakni melalui pengembangan model pembelajaran. Dengan pegembangan model pembelajaran permasalahan- permasalahan dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PPKn dapat diminimalisir. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran yang valid praktis dan efektif dengan produk berupa sintaks model pembelajaran Learning Cycle 7E Setting Peer Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yakni model Plomp yang meliputi yaitu (1) preliminary research (fase penelitian pendahuluan) (2) prototyping phase (fase pengembangan) (3) assessment phase(fase penilaian). Dalam fase yang pertama kegiatan yang dilakukan mengamati kondisi lapangan. fase yang ke dua merancang model dan perangkat pembelajaran serta instrument penelitian yang akan digunakan. fase ke tiga melakukan validasi kepada ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran valid praktis dan efektif. Dari hasil analisa data menunjukkan hasil validasi berada pada koefesien 3 5 untuk model 3 2 untuk RPP 3 6 untuk LKS. Hasil observasi aktivitas guru diperoleh mengahasilkan rata-rata skor keseluruhan 3 7. Hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata skor 3 7 %. Tes hasil belajar 100% siswa tuntas. Angket respon siswa sebanyak 23 siswa dari 25 siswa atau 91 % (persen) menjawab ldquo iya rdquo dan 9 27% (persen) menjawab ldquo tidak rdquo . atau dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 7E Setting Peer Learning valid praktis dan efektif. Bagi pembaca Model pembelajaran dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai alternative pembelajaran dikelas dengan tujuan meningkatkan pemahaman konsep bagi guru model pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran dikelas agar siswa tidak bosan dengan pembelajaran yang biasa dilakukan bagi peneliti lain Model pembelajaran yang dihasilkan masih perlu diujicobakan pada sekolah lain dengan berbagai kondisi agar diperoleh model pembelajaran yang dikembangkan yang lebih berkualitas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/255361

Actions (login required)

View Item View Item