Pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan berbasis problem based learning/ Johan Nur Cahyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan berbasis problem based learning/ Johan Nur Cahyo

Cahyo, Johan Nur (2020) Pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan berbasis problem based learning/ Johan Nur Cahyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan di sekolah guru mempunyai peranan sangat penting bagi keberhasilan dalam suatu proses belajar mengajar. Keberhasilan guru tidak lepas dari penguasaan pada setiap materi dan metode yang diberikan guru kepada siswanya. Beberapa metode pembelajaran yang digunakan guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di sekolah adalah discovery problem based learning project based learning. Problem based learning merupakan salah satu metode yang bisa digunakan dalam pembelajaran kurikulum K-13. Model pembelajaran Berbasis problem based learning merupakan kegiatan pembelajaran yang menuntut aktivitas berpikir siswa untuk memahami suatu konsep pembelajaran melalui masalah yang disajikan di awal pembelajaran sehingga siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penulisan artikel review ini adalah untuk menjabarkan keberhasilan pembelajaran Pendidikan jasmani dan kesehatan menggunakan metode problem based learning yang bisa meningkatkan hasil belajar motivasi dan berpikir kritis siswa dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan. Akses yang digunakan penulis menggunakan google scholar untuk mengumpulkan data berupa artikel nasional dan akses gen.lib.rus.ec/scimag/ serta google scholar untuk mengumpulkan data berupa artikel internasional. Jangka waktu terbit artikel yang diakses mulai tahun 2010 sampai tahun 2020. Untuk tingkat kebaruan jurnal penulis melakukan batasan dengan melakukan pencarian jurnal di skala sepuluh tahun terakhir dan apabila diatas sepuluh tahun ada hasil penelitian yang relevan juga bisa digunakan. Metode yang digunakan dalam pencarian artikel dan membuat pertanyaan penelitian guna mengungkap temuan baru menggunakan metode PICO. Sebanyak 138 artikel didapatkan berdasarkan pencarian lalu mengeluarkan duplikasi sehingga ada 127 artikel. Selanjutnya 57 Artikel dikeluarkan karena bukan perlakuan yang diberikan bukan menggunakan metode problem based learning sehingga sisa 70 Artikel Full teks. Selanjutnya dikeluarkan 20 artikel karena tidak sesuai dengan kriteria Inklusi sehingga sisa 50 artikel Setelah ditelaah lebih dalam berdasarkan abstrak metode dll maka dikeluarkan 34 Artikel sehingga sisa 16 Artikel untuk dianalisis dengan metode kualitatif. Strategi Ekstraksi data dan Identifikasi menggunakan diagram alir PRISMA. Salah satu metode pembelajaran yang direkomendasikan dalam mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan adalah metode problem based learning karena metode ini berhasil meningkatkan beberapa aspek dalam peserta didik diantaranya hasil belajar motivasi psikomotor dan keaktifan siswa Sehingga diharapkan dengan metode pembelajaran ini pembelajaran menjadi lebih baik dan efektif. Adapun tahapan pembelajaran ini adalah (1) orientasi pada masalah yang dihadapi (2) mengorganisasi siswa untuk belajar bisa kelompok atau individu (3) membimbing penyelidikan terhadap masalah yang dihadapi (4) mengembangkan dan menyajikan hasil yang dipelajari siswa (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Dalam pelaksanaan metode PBL peran guru juga sangat diperlukan untuk mengamati dan membimbing kegiatan siswa saat mereka memecahkan suatu permasalahan yang telah diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/255359

Actions (login required)

View Item View Item