Pengembangan pembelajaran bola basket berbasis blended learning pada mahasiswa ilmu keolahragaan universitas negeri malang/ Mat Wajib - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran bola basket berbasis blended learning pada mahasiswa ilmu keolahragaan universitas negeri malang/ Mat Wajib

Wajib, Mat (2020) Pengembangan pembelajaran bola basket berbasis blended learning pada mahasiswa ilmu keolahragaan universitas negeri malang/ Mat Wajib. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada proses pembelajaran Bola Basket Berbasis Blended Learning Pada Mahasiswa Ilmu Keolahragaan pengajar harus menyesuaikan karakteristik dan gaya belajar mahasiswa. Proses dalam peningkatan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dapat berlangsung pada kegiatan aktivitas pembelajaran di kelas maupun pembelajaran di luar kelas. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah produk bahan ajar pembelajaran Bola Basket berbasis blended learning (tatap muka offline online dan mobile). Pengembangan ini menggunakan langkah-langkah model Rancangan Berbasis Blended Learning secara umum model pengembangan ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu (1) analisis(Analyze) (2) rancangan dan (3) evaluasi(Evaluation). Produk yang dikembangkan dan dihasilkan dalam desain pembelajaran ini berupa perangkat pembelajaran dan instrumen. Perangkat pembelajaran terdiri dari 1) Rencana Pembelajaran (RPS) 2) media pembelajaran berupa teks gambar audio video yang dapat diakses melalui online menggunakan materi pembelajaran Bola Basket Berbasis Blended Learning aplikasi Auto Play. Instrumen terdiri dari 1) angket analisis kebutuhan 2) lembar validasi para ahli 3) lembar validasi uji coba produk 4) lembar observasi aktivitas dosen dan aktivitas mahasiswa 5) tes penguasaan bahan ajar. Subyek uji coba pengembangan desain pembelajaran ini adalah mahasiswa jurusan ilmu keolahragaan Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2018-2019. Hasil Penelitian yang dilakukan adalah 1) Hasil skor yang diperoleh dari validasi oleh ahli pembelajaran sebesar 94 4% hasil skor yang diperoleh dari validasi oleh ahli media sebesar 94% dan hasil skor yang diperoleh dari validasi oleh ahli bolabasket sebesar 84 9%. Kemudian hasil uji coba produk yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil dari mahasiswa sebesar 89 4 % dan hasil uji coba produk yang diperoleh dari uji coba kelompok besar dari mahasiswa 93 23% jadi semua kriteria hasil uji coba produk menunjukkan telah memenuhi kelayakan produk. Produk dalam penelitian pengembangan ini adalah berupa media pembelajaran bolabasket bersbasis blended learning untuk Mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang yang dikemas menggunakan aplikasi autoplay dan buku cetak. Blended learning dalam pembelajaran digunakan sebagai sarana dalam menyampaikan informasi dalam bentuk offline learning dan online learning. Dalam hal ini media merupakan bentuk jamak dari perantara (medium) yang merupakan suatu sarana komunikasi (Dwiyogo 2013 2).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/255357

Actions (login required)

View Item View Item