Antariksawan, Bobit Luhur (2021) Kompetensi profesional guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sma negeri kabupaten Banyuwangi / Bobit Luhur Antariksawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
 RINGKASAN  Antariksawan, B.L. 2020 Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Sma Negeri Kabupaten Banyuwangi. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Roesdiyanto, M.Kes (II) Dr. Sapto Adi, M.Kes.  Kata Kunci: kompetensi guru, pendidikan Jasmani, pembelajaran  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan juga dibutuhkan dalam dunia pendidikan, guru sebagai ujung tombak pendidikan nasional juga berperan penting, PJOK salah satu mata pelajaran wajib, dan PJOK bukan hanya sekedar bergerak tetapi perlu adanya bidang keilmuan yang harus dikuasai dan keahlian khusus yang harus dimiliki guru PJOK, dan untuk menjadi guru yang baik harus menguasai kompetensi profesional. Namun dalam kenyataannya banyak guru yang belum profesional dalam mengajar, seharusnya guru dituntut untuk profesional dalam mengajar karena ujung tombak pendidikan. Maka dari itu perlu diketahui dan digali seberapa profesional guru dalam mengajar di lingkungan pendidikan.  Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kompetensi profesional guru pendidikan jasmani olahraga, dan kesehatan yang dapat dipergunakan sebagai pertimbangan untuk memperbaiki kualitas guru PJOK yang masih kurang dalam kompetensi profesionalnya.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan  kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Genteng, SMAN 1 Taruna Bhayangkara, dan SMAN 1 Gambiran. Subjek penelitian dalam penelitian ini Guru PJOK dari ketiga sekolah dengan jumlah 10 guru PJOK. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian yang dilakukan melalui wawancara dengan 10 guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMA Negeri di kabupaten Banyuwangi dibagi menjadi dua kesimpulan, guru yang masa mengajarnya di bawah 10 tahun dan 2 guru yang mengajarnya di atas 10 tahun, dua guru yang masa mengajarnya di bawah sepuluh tahun mampu menjabarkan dengan baik cara mengajar, metode mengajar, mengajar di tingkatan kelas yang berbeda, dan delapan guru yang masa mengajarnya lebih dari sepuluh tahun memahami dalam pengkondisian kelasnya namun untuk materi masih kurang dalam memahami. Hubungan lama mengajar juga menjadi pengaruh seorang guru dalam kompetensi keprofesionalnya, semakin lama guru mengajar pengalaman dalam mengajar semakin baik namun untuk pemahaman keilmuan berkurang.  Rekomendasi yang disarankan terhadap hasil penelitian adalah guru seharusnya mengikuti standar kompetensi guru. Bukan hanya guru muda yang baru lulus dari perguruan tinggi saja yang memiliki kompetensi baik, akan tetapi guru senior juga diharuskan sama untuk kompetensinya dan guru dituntut dalam melakukan proses pembelajaran dapat menguasai keprofesionalannya dalam bidang keilmuan dan menguasai kondisi kelas yang baik sehingga tercipta proses pembelajaran yang menarik.    Â
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/255350 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |