Pengembangan buku ajar mata pelajaran PJOK materi atletik untuk peserta didik kelas XI SMA 3 Lumajang / Renanda Dwi Wiyanta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar mata pelajaran PJOK materi atletik untuk peserta didik kelas XI SMA 3 Lumajang / Renanda Dwi Wiyanta

Wiyanta, Renanda Dwi (2021) Pengembangan buku ajar mata pelajaran PJOK materi atletik untuk peserta didik kelas XI SMA 3 Lumajang / Renanda Dwi Wiyanta. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wiyanta Renanda Dwi. 2021. Pengembangan Buku Ajar Mata Pelajaran PJOK Materi Atletik Untuk Peserta Didik Kelas Xi Sma 3 Lumajang. Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyadi M. Kes (II) Dr. Mu rsquo arifin M.Pd. Kata Kunci pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan atletik blended learning. Pendidikan merupakan komponen penting untuk membangun sebuah individu. Sejak seseorang lahir di dunia hingga akhir hayatnya pendidikan merupakan proses yang tidak akan pernah berhenti (lifelong education). Dalam pembelajaran berbagai aktivitas di dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) diarahkan pada penguasaan kompetensi pengembangan keterampilan gerak. Pada masa pandemi COVID-19 banyak pelaku pendidikan belajar bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien yang didukung dengan perkembangan teknologi yang memadai. Dengan buku ajar yang dipadukan dengan video pembelajaran yang sesuai akan mempermudah pendidik dan peserta didik dalam melakukan pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Penelitian dilakukan dengan tujuan mengembangkan produk buku ajar dan video pembelajaran untuk mata pelajaran permainan atletik untuk memudahkan siswa-siswi dalam mempelajari keterampilan atletik secara individu di rumah dalam masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model Research and Development dari Borg and Gall. Prosedur pengembangan meliputi 7 tahap (1) melakukan penelitian awal dan pengumpulan informasi (2) perencanaan mengembangkan produk awal (3) evaluasi para ahli (4) uji coba kelompok kecil (5) revisi produk utama (6) Uji lapangan atau uji kelompok besar (7) revisi produk operasional. Hasil dari penelitian dan pengembangan meliputi hasil pengembangan produk berupa buku ajar dan video pembelajaran untuk mata pelajaran permainan atletik yang terdiri dari (1) buku cetak sebanyak 78 halaman dengan materi atletik yang telah disesuaikan dengan KD yang dicetak dalam ukuran B5 dan berwarna untuk pembelajaran tatap muka (2) video pembelajaran dengan durasi 11 menit 29 detik yang diupload dalam drive penulis. Hasil penelitian pada uji coba produk yang diberikan terhadap kelompok besar kemenarikan diperoleh persentase sebesar (86 88%) untuk aspek kemudahan diperoleh persentase sebesar (85 10%) untuk aspek kegunaan diperoleh persentase sebesar (94 17%) untuk aspek kemanfaatan diperoleh persentase (94 17%) untuk aspek keantusiasan diperoleh persentase sebesar (85 83%) untuk aspek kebermaknaan diperoleh persentase (92 78%) dan untuk aspek kesesuaian diperoleh persentase (86 67%).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/255342

Actions (login required)

View Item View Item