Faktor yang menentukan kesuksesan siswa dalam menjuarai lomba kompetensi siswa / Sandi Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor yang menentukan kesuksesan siswa dalam menjuarai lomba kompetensi siswa / Sandi Kurniawan

Kurniawan, Sandi (2021) Faktor yang menentukan kesuksesan siswa dalam menjuarai lomba kompetensi siswa / Sandi Kurniawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) merupakan agenda tahunan DITPSMK yang bertujuan untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari setiap daerah untuk dipertandingkan di tingkat nasional dan mewakili Indonesia di tingkat dunia. Kegiatan ini juga dalam upaya memotivasi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk semangat dalam belajar, mengembangkan kompetensi serta menunjukkan kemampuan terbaik yang dimiliki untuk menjadi juara dalam kompetisi LKS serta sebagai upaya mempromosikan lulusan SMK kepada dunia usaha, dunia industri, dan pemangku kepentingan lainnya. Menjadi juara LKS bukanlah sesuatu yang mudah, banyak faktor yang menentukan kesuksesan siswa dalam menjuarai kompetisi LKS. Idealnya sebuah kompetisi memungkinkan seluruh pesertanya untuk menjadi juara, akan tetapi berdasarkan data dinas pendidikan provinsi JATIM hanya siswa dari sekolah itu saja yang menjadi juara selama empat tahun terakhir. Oleh sebab itu, penelitian ini berfokus untuk menemukan dan memaparkan data mengenai faktor yang menentukan kesuksesan siswa dalam menjuarai LKS yang meliputi faktor internal dan eksternal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa dan pembimbing yang berhasil juara dalam kompetisi LKS. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan pengecekan keabsahan datanya berupa triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian yang dilakukan menemukan bahwa terdapat 15 faktor internal dan 6 faktor eksternal yang menentukan kesuksesan siswa dalam menjuarai lomba kompetensi siswa. Faktor internal yang menentukan kesuksesan siswa dalam menjuarai lomba kompetensi siswa, adalah sebagai berikut: (1) bakat; (2) minat; (3) cita-cita; (4) keuletan, kedisiplinan, komitmen, kerja keras, & totalitas; (5) semangat berprestasi & motivasi diri; (6) tekad; (7) nekat; (8) ketelitian (fokus); (9) kejujuran; (10) komunikatif; (11) percaya diri & manajemen diri; (12) attitude; (13) mandiri; (14) tanggung jawab; dan (15) kerohanian (agama). Faktor eksternal yang menentukan kesuksesan siswa dalam menjuarai lomba kompetensi siswa adalah sebagai berikut: (1) dukungan keluarga; (2) pembimbing LKS; (3) guru produktif di sekolah; (4) fasilitas sarana dan prasarana; (5) dukungan finansial (keuangan); dan (6) kontribusi sekolah. Untuk menjadi juara dalam kompetisi LKS faktor internal dan eksternal yang telah di paparkan harus terpenuhi agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam berkompetisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/255334

Actions (login required)

View Item View Item