Pelaksanaan program pembelajaran teaching factory di SMK Telkom Malang selama masa pandemi melalui model CIPP / Putrinda Inayatul Maula - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan program pembelajaran teaching factory di SMK Telkom Malang selama masa pandemi melalui model CIPP / Putrinda Inayatul Maula

Maula, Putrinda Inayatul (2021) Pelaksanaan program pembelajaran teaching factory di SMK Telkom Malang selama masa pandemi melalui model CIPP / Putrinda Inayatul Maula. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam upaya meningkatkan link and match antara SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dengan IDUKA (Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja) pemerintah menyusun program pembelajaran berbasis Teaching Factory (TeFa). Namun pada pertengahan Maret 2020 Indonesia dilanda pandemi Covid-19 sehingga memberikan dampak dalam dunia pendidikan dan tidak terkecuali SMK. Dampak dari virus tersebut membuat bidang pendidikan tidak dapat memaksimalkan dalam proses pembelajaran dan tidak terkecuali pembelajaran teaching factory karena pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka berubah total menjadi pembelajaran secara online sehingga membuat pemahaman siswa dalam memahami materi pembelajaran menjadi terganggu karena siswa terbiasa belajar didampingi guru namun di masa pandemi siswa belajar secara mandiri. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran teaching factory di SMK Telkom Malang selama masa pandemi melalui model CIPP (Context Input Process dan Product) karena penelitian tentang pembelajaran teaching factory secara daring selama masa pandemi belum pernah dilakukan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan model CIPP (Context Input Process dan Product) dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dari data yang diperoleh melalui wawancara pada koordinator teaching factory staf kurikulum dan guru serta deskriptif kuantitatif dari data yang diperoleh melalui observasi dan studi dokumentasi pada koordinator teaching factory staf kurikulum dan guru serta angket yang diberikan pada siswa melalui indikator kesiapan siswa pada aspek input. Uji coba instrumen angket terdiri dari uji validitas dengan teknik korelasi product moment uji reliabilitas dengan teknik Alpha Cronbach dan uji normalitas dengan Uji Kolmogorov-Smirnov. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran teaching factory di SMK Telkom Malang yang ditinjau dari (1) aspek context dalam kategori sangat baik dimana telah terdapat kebijakan sekolah yaitu berlandaskan pada surat keputusan dari kepala sekolah namun dalam merumuskan tujuan tefa dan hubungan industri SMK Telkom Malang tidak memiliki dokumen secara tertulis (2) aspek input dalam kategori sangat baik dimana perangkat yang dibutuhkan dalam pembelajaran hanya berupa laptop dari masing-masing siswa dan untuk peralatan yang digunakan di sekolah tidak memiliki lisensi khusus (3) aspek process dalam kategori sangat baik dimana pembelajaran dilakukan secara full online melalui aplikasi webex (4) aspek product dalam kategori sangat baik dimana pemesan sudah merasa puas dengan produk yang dipesan namun kendala yang terjadi selama masa pandemi yaitu kesulitan saat bertemu customer dan koordinasi pada siswa (5) Faktor pendukung pelaksanaan program pembelajaran teaching factory di SMK Telkom Malang adalah dengan adanya dukungan dari kebijakan sekolah serta motivasi komitmen dan minat siswa dalam pembelajaran teaching factory dan dukungan dari guru infrastruktur kurikulum serta adanya mitra industri yang telah bekerja sama dengan sekolah (6) Faktor penghambat pelaksanaan program pembelajaran teaching factory di SMK Telkom Malang adalah kurangnya komunikasi antar tim dan project leadernya dalam konsultasi produk serta kurangnya tingkat pemahaman siswa karena pembelajaran dilakukan secara online. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah (1) aspek context merumuskan SOP kinerja setiap unit pembelajaran teaching factory beserta uraian tugasnya (2) aspek input melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam pembelajaran teaching factory (3) aspek process membuat jobsheet khusus untuk pembelajaran teaching factory (4) aspek product merumuskan proses penentuan produk seperti form identifikasi produk matriks produk penentuan produk maupun kualitas produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/255332

Actions (login required)

View Item View Item