Link and match dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada kelas industri (studi multi kasus pada SMK Negeri 6 Malang dan SMK Telkom Malang) / Elvin Nury Khirdany - Repositori Universitas Negeri Malang

Link and match dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada kelas industri (studi multi kasus pada SMK Negeri 6 Malang dan SMK Telkom Malang) / Elvin Nury Khirdany

Khirdany, Elvin Nury (2021) Link and match dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada kelas industri (studi multi kasus pada SMK Negeri 6 Malang dan SMK Telkom Malang) / Elvin Nury Khirdany. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program link and match antara SMK dengan IDUKA salah satunya adalah kelas industri. Model kelas industri dikembangkan dengan pelatihan mudah dipelajari dilaksanakan dengan diskusi dan praktik serta mengutamakan kemampuan keterampilan dan pengetahuan sehingga mempermudah untuk kesiapan kerja. Kesiapan kerja dapat dilakukan pada program PKL menggunakan strategi pembelajaran langsung di dunia usaha dan industri. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi dalam penerapan link and match dalam pelaksanaan PKL pada kelas industri tentang peran SDM pelaksanaan faktor pendukung penghambat dan solusi penilaian dan dampak link and match pelaksanaan PKL kelas industri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling dengan sumber data yaitu wakil kepala sekolah bidang humas ketua kompetensi keahlian RPL dan guru pembimbing. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Temuan penelitian menunjukan bahwa peran SDM di SMK dan di industri saling berkoordinasi walaupun di masa pandemi. Pelaksanaan PKL kelas industri sesuai dengan MoU bahwa peserta didik kelas industri melakukan PKL di industri mitra. Peserta didik guru pembimbing dan wali murid diberikan pembekalan sekolah. Pelaksanaan PKL SMK 6 Malang selama satu semester dan SMK Telkom Malang tiga bulan. Penentuan KD pembelajaran PKL SMK tidak melakukan koordinasi dengan industri dalam menentukan KD. Faktor pendukung dari pihak sekolah orang tua industri dan peserta didik. Faktor penghambat adalah kurang rasa berani peserta didik untuk berkomunikasi dan terkadang pihak industri kurang tanggap untuk merespon peserta didik. Solusi yang dilakukan adalah peserta didik diarahkan untuk berkomunikasi dengan pembimbing lapangan dan pihak SMK membantu berkoordinasi dengan guru pembimbing industri. Model penilaian dilakukan oleh industri yaitu penilaian teknis dan non teknis. PKL di SMK Negeri 6 Malang mendapatkan sertifikat sekolah dan industri di SMK Telkom Malang hanya tertera di rapot. Dampak dalam link and match pelaksanaan PKL kelas industri adalah peserta didik SMK Negeri 6 Malang belum ada lulusan di kelas industri dan di SMK Telkom Malang langsung direkrut kerja oleh industri mitra.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/255331

Actions (login required)

View Item View Item