Perilaku penggunaan mobile payment dikalangan mahasiswa fakultas fakultas ekonomi dalam bertransaksi ovo/ Mufinna Fauziyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perilaku penggunaan mobile payment dikalangan mahasiswa fakultas fakultas ekonomi dalam bertransaksi ovo/ Mufinna Fauziyah

Fauziyah, Mufinna (2020) Perilaku penggunaan mobile payment dikalangan mahasiswa fakultas fakultas ekonomi dalam bertransaksi ovo/ Mufinna Fauziyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Transaksi keuangan dengan menggunakan digital menjadi salah satu hal yang penting bagi individu tidak terkecuali mahasiswa. Dengan berbagai kemudahan yang disediakan oleh mobile payment menjadikan mahasiswa lebih memilih mobile payment dalam setiap transaksinya. Mobile payment ovo juga memberikan diskon dan potongan harga dalam setiap transaksi yang digunakan. Semakin mudah dalam bertransaksi semakin meningkat pula konsumsi yang dilakukan oleh mahasiswa. Penelitian ini tujuan untuk mengetahui sejauh mana perilaku konsumsi dikalangan mahasiswa dalam menggunakan Mobile Payment OVO. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa S2 Pendidikan ekonomi tahun angkatan 2018 Universitas Negeri Malang. Pemilihan sumber data menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data dengan menggunakan wawancara dan catatatan lapangan. Analisis data menggunakan empat langkah yakni pengunpulan data reduksi data penyajian data dan simpulan. Pengecekan keabsahan dengan menggunakan triangulasi sumber serta ketekunan pengamat. Hasil penelitian menunjukan Persepsi mahasiswa dalam penggunaan ovo dalam hal konsumsi yaitu persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan dalam penggunaan ovo untuk konsumsi. Motif mahasiswa pascasarjana menggunakan ovo dalam konsumsinya adalah motif untuk memenuhi kebutuhan dan motif untuk mendapatkan keuntungan. Perilaku konsumsi didasarkan berdasarkan faktor psikologis faktor sosial faktor produk faktor promosi dan faktor pribadi. Kesimpulan penelitian ini bahwa OVO mampu meningkatkan perilaku konsumsi yang rasional di pengaruhi persepsi kemanfaatan kemudahan dipengaruhi beberapa faktor yaitu psikologis sosiak produk promosi dan pribadi serta motif memenuhi kebutuhan dan keuntungan dan dapat disarankan bagi mahasiswa agar memiliki kesadaran untuk berperilaku konsumsi menggunakan elektronik money dengan bijak dan rasional sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti tentang elektronik money dan perilaku konsumsi mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan penelitian mengenai perilaku konsumsi menggunakan elektronik money dilihat dari sudut pandang selain persepsi TAM.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/255328

Actions (login required)

View Item View Item