Analisis pembelajaran ekonomi pada kejar paket c di PKBM Ash Habul Hidayah / Neivisatuz Zihan Chabibah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pembelajaran ekonomi pada kejar paket c di PKBM Ash Habul Hidayah / Neivisatuz Zihan Chabibah

Chabibah, Neivisatuz Zihan (2021) Analisis pembelajaran ekonomi pada kejar paket c di PKBM Ash Habul Hidayah / Neivisatuz Zihan Chabibah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pusat kegiatan belajar masyarakat termasuk dalam satuan pendidikan nonformal di Indonesia memiliki tiga jalur pendidikan yaitu pendidikan formal pendidikan non formal dan pendidikan informal. Pendidikan sekarang berbasis teknologi sejak virus yang mewabah di dunia mengakibatkan semua sektor terkena dampak termasuk pendidikan yang wajib melakukan aktivitas belajar dari rumah. Pendidikan harus tetap dijalankan walau hanya di rumah karena sesuai dengan UUD wajib belajar sembilan tahun sehingga pembelajaran jarak jauh yang dilakukan di rumah harus dipersiapkan seperti merencanakan pembelajaran proses pembelajaran menggunakan bantuan media dan teknologi lalu bagaimana evaluasi yang harus dilakukan oleh guru agar dapat mengetahui dan memantau perkembangan dari siswa. Lokasi penelitian ini dilakukan di PKBM Ash Habul Hidayah Jl Ciliwung Airdas No 30 Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang. Teknik yang digunakan untuk pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwasanya perencanaan pembelajaran jarak jauh telah diterapkan dengan baik agar alur pembelajaran bisa berjalan sesuai dengan rencananya proses pembelajaran diterapkan sesuai dengan perencanaan dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dan evaluasi pembelajaran dilakukan dengan mengetahui apakah tujuan dari pembelajaran telah dicapai. Saran peneliti pembelajaran yang diterapkan sekarang harus lebih beradaptasi dengan kemajuan teknologi penggunaan media bantu belajar lebih diperkaya lagi meskipun pendidikan nonformal tetapi juga meraskan pembelajaran layak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/255315

Actions (login required)

View Item View Item