Pengaruh literasi ekonomi, rasionalitas ekonomi, dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Malang / Remond Joey Paywala - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh literasi ekonomi, rasionalitas ekonomi, dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Malang / Remond Joey Paywala

Paywala, Remond Joey (2021) Pengaruh literasi ekonomi, rasionalitas ekonomi, dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Malang / Remond Joey Paywala. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewasa ini banyak kita jumpai generasi muda saat ini masih berstatus sebagai mahasiswa sering melakukan perilaku ekonomi yang irasional. Hal ini sangat mengkhawatirkan orang tua pada umumnya dan bagi para pendidik pada khususnya. Sebagai seorang akademisi hal tersebut perlu diperhatikan serta perlu dilakukan pengkajian yang mendalam. Fenomena tentang perilaku ekonomi konsumen menjadi objek kajian dalam studi di bidang ilmu ekonomi khususnya perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi rasionalitas ekonomi dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi universitas negeri malang. Populasi dari penelitian ini sebanyak 275 mahasiswa. Berdasarkan data yang diperoleh jumlah anggota sampel yang terpilih pada penelitian ini sebanyak 163 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari penyebaran kuesioner yang berhubungan dengan masing-masing variabel. Pengujian instrumen yang digunakan adalah Uji Validitas dan Uji Reabilitas Analisis data yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik yang meliputi uji normalitas uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas. Untuk menguji hipotesis peneliti menggunakan Uji Parsial (Uji t) dan Uji Simultan (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi ekonomi rasionalitas ekonomi dan kelompok teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi universitas negeri malang. Hal ini sekaligus mengkonfirmasi kebenaran teori kotler yang mengatakan bahwa terdapat tiga faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif. Perhatian harus diberikan ketika efek jangka panjang variabel yang mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa. Dan untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk menggunakan faktor-faktor yang memiliki kemungkinan lain untuk mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa di luar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/255314

Actions (login required)

View Item View Item