Sari, Dennis Kumala (2021) Pengelolaan ekonomi keluarga dan implikasinya pada pendidikan ekonomi keluarga di desa Sumbermanjing Wetan / Dennis Kumala Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Sari Dennis Kumala.2021. Pengelolaan Ekonomi Keluarga dan Implikasinya pada Pendidikan Ekonomi Keluarga di Desa Sumbermanjing Wetan. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agung Haryono S. E. M.P. Ak. (II) Dr. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd. M.Si. Ak. CA Kata Kunci Pengelolaan Ekonomi Keluarga Pendidikan Ekonomi Keluarga Pendidikan ekonomi dapat dibedakan menjadi 3 yaitu pendidikan formal informal dan nonformal. Pendidikan ekonomi keluarga merupakan pendidikan ekonomi pada bagian informal. Lingkungan keluarga merupakan kelompok pertama dalam kehidupan awal setiap orang serta memiliki derajat kelompok terkecil dibanding dengan kelompok-kelompok lain Permasalahan yang terjadi tentang kurangnya pemahaman pengelolaan ekonomi dalam keluarga mengingat bahwa tujuan hidup setiap manusia adalah untuk kesejahteraan. Pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dilihat secara makro memiliki peran penting bagi pengembangan sumber daya manusia namun pada kenyataannya tidak semua anggota keluarga memiliki pengetahuan wawasan dan komitmen yang memadai atas pendidikan ekonomi keluarga. Pendidikan ekonomi diberikan kepada anak melalui berbagai cara tidak hanya diajarkan tentang uang saja namun juga melibatkan anak untuk membiasakan diri mengalokasikan dengan benar membiasakan selektif dan terlibat dalam mempraktikan nilai pendidikan ekonomi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan kualitatif dengan menggunakan analisis fenomenologi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 keluarga pedagang didesa Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Kehadiran peneliti bersifat penuh dalam penelitian yang telah dilakukan mulai awal hingga akhir penelitian. Data primer berasal dari informan yaitu keluarga pedagang yang mencakup kepala keluarga istri dan anak sebagai informan pendukung. Sedangkan data sekunder berasal dari data dan dokumen yang berasal dari kantor desa Sumbermanjing wetan. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu meliputi pengumpulan data kondensasi data atau reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pendapatan yang diterima keluarga pedagang tidak seluruhnya dari hasil perdagangan yang dilakukan Pendapatan yang didapat dari perdagangan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Sedangkan alokasi keuangan untuk tabungan asuransi hutang dan investasi dilakukan dari gaji suami yang bekerja selain berdagang dan hasil dari investasi jangka panjang Tabungan yang dimiliki oleh keluarga rata-rata hanya untuk jangka pendek dan bersifat kondisional apabila dibutuhkan bisa diambil sewaktu-waktu. (2) nilai pendidikan ekonomi yang diajarkan orangtua yaitu melalui proses pembelajaran jenis pendidikan ekonomi Pengenalan usaha pada anak dan respon yang diberikan anak pada orangtua pengelolaan uang saku (3) Perilaku anak setelah menerima pendidikan ekonomi keluarga yang diberikan oleh orangtua dilihat melalui keterbukaan orangtua dalam kondisi ekonomi keluarga pembiasaan menabung dan berhemat musyawarah mengenai keuangan dan mengalokasikannya dan pembiasaan dalam menyikapi permintaan anak. Pada dasarnya penanaman nilai pendidikan ekonomi keluarga dan perilaku anak pada setiap keluarga berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/255313 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |