Perilaku ekonomi dan pendidikan ekonomi dalam keluarga pelaku usaha bisnis online bidang fashion di Kota Malang / Hanif Ramadhan Fahmi Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Perilaku ekonomi dan pendidikan ekonomi dalam keluarga pelaku usaha bisnis online bidang fashion di Kota Malang / Hanif Ramadhan Fahmi Putra

Putra, Hanif Ramadhan Fahmi (2021) Perilaku ekonomi dan pendidikan ekonomi dalam keluarga pelaku usaha bisnis online bidang fashion di Kota Malang / Hanif Ramadhan Fahmi Putra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Banyaknya kemudahan dalam berbisnis online membuat masyarakat berlomba-lomba untuk menjadikan bisnis online sebagai pekerjaan utama atau hanya pekerjaan sampingan untuk mencari pendapatan tambahan. Namun dalam beberapa penelitian terbaru semangat masyarakat dalam mendirikan bisnis online kebanyakan tidak disertai dengan perilaku ekonomi yang tepat terbukti banyak terjadi kegagalan sejumlah pelaku bisnis online segera setelah mereka membuka toko onlinenya. Memberikan kualitas pelayanan yang baik serta menghadirkan produk berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau dan membuat strategi promosi yang bagus dapat menjadi salah satu cara pengusaha untuk menghadapi persaingan usaha. Untuk mencapai itu semua pelaku usaha tentunya harus mempunyai perilaku ekonomi yang tepat. Menerapkan perilaku ekonomi dengan tepat memang bukanlah hal yang mudah diperlukan pertimbangan-pertimbangan yang cermat dan rasional agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu hal yang paling berpengaruh dalam menentukan perilaku ekonomi yang tepat adalah pendidikan ekonomi. Salah satu kota yang memiliki dampak dari pesatnya bisnis online adalah Kota Malang. Pesatnya perkembangan bisnis online di Kota Malang dikarenakan banyaknya kampus ternama pariwisata yang menggeliat dan ekonomi kreatif yang berkembang pesat sehingga saat ini Kota Malang telah menjadi salah satu kota pusat perdagangan dan jasa di Provinsi Jawa Timur. Dari fenomena tersebut peneliti bermaksud untuk melakukan penelitian terhadap para pelaku usaha bisnis online di Kota Malang yang bergerak di bidang fashion karena berdasarkan dari hasil riset yang dilakukan oleh We Are Social amp Hootsuite ternyata produk yang paling banyak di beli di toko online adalah produk fashion. Metode penelitian dalam penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Hal tersebut dikarenakan peneliti ingin mendapatkan data yang murni dan bermakna yang berasal dari informan melalui konfirmasi langsung berupa wawancara sehingga data yang didapatkan merupakan pengalaman dari informan dan sudah menunjukkan keadaan yang sebenarnya. Informan kunci dalam penelitian ini adalah owner dari Oyisam Clothing Ultras Malang Zeroheroes dan Awesam selain itu peneliti juga melakukan wawancara kepada orang tua dan kerabat dekat dari masing-masing owner sebagai informan pendukung dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku ekonomi pelaku usaha bisnis online bidang fashion di Kota Malang dalam menjaga kualitas layanan adalah melakukan kerjasama dengan marketplace menyediakan metode pembayaran yang beragam memilih jasa pengiriman terbaik dan menyelesaikan order dengan secepat mungkin. Untuk menjaga kualitas produk para pelaku usaha bisnis online bidang fashion di Kota Malang memproduksi produknya dengan bahan baku yang berkualitas sesuai dengan karakter produk memproduksi produk dengan mengikuti trend mode yang ada di pasar namun tetap melakukan inovasi produk serta memperhatikan cara pengemasan produk. Perilaku ekonomi yang dilakukan oleh pelaku usaha bisnis online bidang fashion di Kota Malang dalam menentukan strategi promosi adalah dengan membuat konten yang menarik di social media bekerjasama dengan influencer yang sesuai dengan pangsa pasar produk yang dijual serta memberikan diskon pada saat tanggal kembar dan hari besar. Dalam menentukan harga jual suatu produk para pelaku usaha bisnis online bidang fashion di Kota Malang mengambil keuntungan yang maksimal namun tetap memperhatikan harga pesaing yang ada di pasar agar harga produk yang dijual tidak overprice. Para pelaku usaha bisnis online bidang fashion di Kota Malang juga sudah mendapatkan pendidikan ekonomi sejak kecil melalui lingkungan keluarganya bentuk pendidikan ekonomi yang diterima berbeda-beda namun dalam proses mengajarkannya memiliki kesamaan yaitu melalui proses keteladanan penjelasan verbal dan pembiasaan. Pendidikan ekonomi yang telah mereka terima dari orang tuanya juga berdampak positif pada keberlangsungan usahanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/255311

Actions (login required)

View Item View Item