Pengaruh orientasi pasar dan orientasi pembelajaran terhadap kinerja pemasaran melalui inovasi produk (studi pada Sentra Industri Keripik Tempe Sanan Kota Malang) / Moh. Rizal Fahmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh orientasi pasar dan orientasi pembelajaran terhadap kinerja pemasaran melalui inovasi produk (studi pada Sentra Industri Keripik Tempe Sanan Kota Malang) / Moh. Rizal Fahmi

Fahmi, Moh. Rizal (2021) Pengaruh orientasi pasar dan orientasi pembelajaran terhadap kinerja pemasaran melalui inovasi produk (studi pada Sentra Industri Keripik Tempe Sanan Kota Malang) / Moh. Rizal Fahmi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sentra Industri Keripik Tempe Sanan merupakan salah satu UKM di kota Malang yang terkenal dengan produksi keripik tempe sekaligus menjadi icon oleh-oleh khas Malang. Sebagai salah satu UKM yang menghasilkan jenis produk yang memiliki perbedaan tidak terlalu signifikan dengan para pesaingnya Sentra Industri Keripik Tempe Sanan dituntut untuk terus berupaya melakukan berbagai macam strategi agar dapat meningkatkan kinerja pemasarannya salah satunya yaitu melalui orientasi pasar orientasi pembelajaran serta inovasi produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan orientasi pembelajaran Sentra Industri Keripik Tempe Sanan Kota Malang terhadap kinerja pemasaran melalui inovasi produk. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi sebesar 200 Pengrajin keripik tempe. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling berjumlah 151 Pengrajin keripik tempe. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis partial last square. Hasil penelitian menunjukkan pada hipotesis 1 yaitu orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0.011 lt 0 05. Hipotesis 2 yaitu orientasi pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0.000 lt 0 05. Hipotesis 3 yaitu orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0.034 lt 0 05. Hipotesis 4 yaitu orientasi pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0.000 lt 0 05. Hipotesis 5 yaitu inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0.000 lt 0 05. Hipotesis 6 yaitu orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran melalui inovasi produk hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0.039 lt 0 05. Hipotesis 7 yaitu orientasi pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran melalui inovasi produk hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0.001 lt 0 05. Saran dari hasil penelitian ini a) kepada pemilik UKM agar senantiasa menentukan dan mengambil langkah-langkah strategi sesuai kebutuhan dan keinginan para pelanggan. Berkomitmen untuk terus belajar dan berinovasi guna meningkatkan kinerja pemasarannya demi kelangsungan masa depan bisnis dalam jangka panjang b) Untuk Paguyuban Sentra Industri Keripik Tempe Sanan Kota Malang agar senantiasa rutin melakukan perkumpulan dalam rangka musyawarah serta menentukan strategi-strategi bisnis yang harus ditingkatkan. Selain itu senantiasa berkomitmen memberikan pelatihan-pelatihan terhadap para pengrajin keripik tempe di Sanan agar dapat selalu mengembangkan produk menjadi semakin lebih baik c) Untuk peneliti selanjutnya agar menambah varibel-variabel penelitian indikator variabel penelitian menambah item pernyataan yang digunakan pada kuesioner agar lebih dapat mengungkapkan kondisi tempat penelitian secara lebih mendalam serta menambah jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/255304

Actions (login required)

View Item View Item