Pengembangan modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing melalui sistem koordinasi sebagai sebagai upaya peningkatan berpikir kritis, penguasaan konsep, dan sikap ilmih peserta didik di kelas XI IPA SMA Laboratorium UM / Vivi Andriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing melalui sistem koordinasi sebagai sebagai upaya peningkatan berpikir kritis, penguasaan konsep, dan sikap ilmih peserta didik di kelas XI IPA SMA Laboratorium UM / Vivi Andriani

Vivi (2014) Pengembangan modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing melalui sistem koordinasi sebagai sebagai upaya peningkatan berpikir kritis, penguasaan konsep, dan sikap ilmih peserta didik di kelas XI IPA SMA Laboratorium UM / Vivi Andriani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Andriani, Vivi. 2014. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Koordinasi Sebagai Upaya Peningkatan Berpikir Kritis, Penguasaan Konsep dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Laboratorium UM. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. agr. H. Moh. Amin, S.Pd, M.Si, (II) Dr. H. Abdul Gofur, M.Si. Kata kunci: modul elektronik, inkuiri terbimbing, berpikir kritis, penguasaan konsep, sikap ilmiah.     Kurikulum yang digunakan di Indonesia saat ini adalah Kurikulum 2013, dengan tujuan agar peserta didik lebih kreatif, inovatif, komunikasi efektif, pemecahan masalah, berpikir kritis serta metakognitif. Peserta didik dalam penerapan Kurikulum 2013 ini juga di tuntut untuk mampu menguasai teknologi informasi dan mampu belajar mandiri dengan memanfaatkan media informasi. Media pembelajaran yang mampu mengakomodasi peserta didik adalah modul elektronik (E-Modul). Pemanfaatan E-Modul ini akan lebih maksimal jika dikemas dengan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kompetensi di kurikulum 2013 yaitu pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah membuat E-Modul berbasis inkuiri terbimbing yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, penguasaan konsep dan sikap ilmiah peserta didik kelas XI SMA Laboratorium UM.     Desain penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Lee & Owens (2004) dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) assessment yang terdiri dari dua bagian utama yaitu analisis kebutuhan dan analisis Front-end; (2) design; (3) development; (4) implementation; (5) evaluation. Intrumen pengumpulan data Pengembangan E-Modul ini adalah lembar penilaian (validasi) dan tanggapan/komentar, tes kemampuan berfikir kritis dan tes penguasaan konsep, angket respon peserta didik, lembar penilaian sikap sosial dan sikap ilmiah peserta didik dengan skala likert. Hasil validasi ahli media pembelajaran, ahli materi/isi dan ahli pembelajaran dan praktisi lapangan, menyimpulkan bahwa E-Modul berbasis inkuiri terbimbing ini valid dengan rerata persentase 88,1 % sehingga E-Modul berbasis inkuiri terbimbing ini layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif di sekolah. Hasil analisis uji t berpasangan diketahui bahwa nilai signifikansi (0,000) ˂ 0,05 sehingga H0 ditolak, disimpulkan bahwa penggunaan E-Modul ini berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis, penguasaan konsep dan sikap ilmiah peserta didik. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah: (1) produk E-Modul ini dapat menjadi acuan untuk pengembangan lebih lanjut pada materi pembelajaran lainnya menjadi lebih menarik, atraktif dan mampu berinteraksi dengan user sehingga dapat digunakan untuk keperluan belajar mandiri maupun klasikal. (2) untuk mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan E-Modul ini, maka perlu dilakukan penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen ini dengan membandingkan antar kelas yang diajar dengan menggunakan E-Modul dan yang tidak menggunakan E-Modul tapi menggunakan buku teks biologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/255302

Actions (login required)

View Item View Item