Pengaruh model pembelajaran biologi berbasis Reading-concept Map-Numbered Heads Together (REAMP NHT) terhadap minat baca, kemampuan metakognitif, Keterampilan Berpikir Kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Malang / Maratusy Syahadatud Dinnurriya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran biologi berbasis Reading-concept Map-Numbered Heads Together (REAMP NHT) terhadap minat baca, kemampuan metakognitif, Keterampilan Berpikir Kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Malang / Maratusy Syahadatud Dinnurriya

Maratusy Syahadatud (2015) Pengaruh model pembelajaran biologi berbasis Reading-concept Map-Numbered Heads Together (REAMP NHT) terhadap minat baca, kemampuan metakognitif, Keterampilan Berpikir Kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Malang / Maratusy Syahadatud Dinnurriya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dinnurriya, Maratusy Syahadatud. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading-Concept Map-Numbered Heads Together (Remap NHT) Terhadap Minat Baca, Kemampuan Metakognitif, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd., (II) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. Kata Kunci: Remap NHT, Minat Baca, Kemampuan Metakognitif, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif . Siswa dalam belajar biologi dituntut aktif untuk menemukan pengetahuan melalui beberapa kegiatan pembelajaran yang dilakukan salah satunya melalui membaca. Membaca adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh informasi dan pengetahuan. Berdasarkan hasil observasi di kelas X MIA SMA Malang menunjukkan bahwa minat baca dan hasil belajar kognitif siswa masih rendah. Rendahnya minat baca siswa dikhawatirkan berdampak pada rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, perlu ditingkatkan minat baca, kemampuan metakognitif, keterampilan berpikir kritis serta hasil belajar kognitif siswa di kelas tersebut agar kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa dapat efektif dan memberikan hasil yang memuaskan. Berdasarkan masalah yang muncul di kelas tersebut, maka untuk mengatasinya diterapkan model pembelajaran yang mengkombinasikan kegiatan membaca (Reading), menyusun peta konsep (Concept Map), dan pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together. Model pembelajaran tersebut adalah reading-concept map-NHT (Remap NHT). Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan eksperimen semu (Quasi Experimental Design). Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Malang dan sampelnya adalah siswa kelas X MIA 5 SMAN 9 Malang sebagai kelas eksperimen. Penentuan sampel dilakukan melalui uji kesetaraan nilai UN SMP. Pengumpulan data minat baca dengan angket minat baca, sedangkan kesadaran metakognitif dengan MAI. Pengumpulan data keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar menggunakan hasil pretest dan posttest siswa yang mengacu pada rubrik yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran biologi berbasis Remap NHT berpengaruh pada keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa; sedangkan penerapan Remap NHT tidak menunjukkan hasil berpengaruh terhadap minat baca dan kesadaran metakognitif siswa. Penerapan model pembelajaran biologi berbasis Remap NHT diketahui dapat meningkatkan minat baca sebesar 7,18%; kesadaran metakognitif sebesar 1,04%; keterampilan metakognitif sebesar 349,91%; keterampilan berpikir kritis sebesar 302,18%; dan hasil belajar kognitif sebesar 340,96%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan untuk menggunakan Remap NHT karena dapat meningkatkan minat baca, kemampuan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/255239

Actions (login required)

View Item View Item