Pengembangan modul elektronik sistem endokrin berbasis Problem Based Learning (PBL) berdasarkan hasil penelitian untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan hasil belajar kognitif mahasiswa / Jevi Milda Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul elektronik sistem endokrin berbasis Problem Based Learning (PBL) berdasarkan hasil penelitian untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan hasil belajar kognitif mahasiswa / Jevi Milda Rahmawati

Rahmawati, Jevi Milda (2020) Pengembangan modul elektronik sistem endokrin berbasis Problem Based Learning (PBL) berdasarkan hasil penelitian untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan hasil belajar kognitif mahasiswa / Jevi Milda Rahmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lulusan strata satu menempati level 6 sesuai kualifikasi KKNI yaitu harus mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh serta mengintegrasikannya dengan IPTEK untuk menyelesaikan masalah. Kemampuan tersebut dapat terwujud dengan melatihkan pembelajaran abad 21 yaitu salah satunya literasi sains yang difasilitasi dengan model pembelajaran problem-based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan modul elektronik materi Sistem Endokrin berbasis problem-based learning berdasarkan hasil penelitian untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan hasil belajar kognitif dari segi validitas kepraktisan dan keefektifan. Prosedur penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan yaitu analyze design develop implement dan evaluate. Desain uji coba menggunakan preexperimental one group pretest-posttest. Validitas produk diukur berdasarkan uji validitas oleh ahli pembelajaran ahli materi dan praktisi lapangan menggunakan lembar validitas. Kepraktisan produk diukur berdasarkan respon mahasiswa menggunakan Google Form setelah penggunaan produk. Keefektifan produk diukur berdasarkan tes evaluasi sebelum dan sesudah penggunaan produk selama proses pembelajaran. Modul elektronik yang dikembangkan dikatakan valid praktis dan efektif. Valid berdasarkan penilaian ahli pembelajaran (99%) ahli materi (100%) dan praktisi lapangan (90%). Praktis berdasarkan respon mahasiswa (93 63%). Literasi sains mahasiswa cukup efektif mengalami peningkatan berdasarkan skala Multidimensional Scientific Literacy dengan nilai n-gain 0 3dan efektif meningkat berdasarkan indikator TOSLS dengan nilai n-gain ge 0 7. Hasil belajar kognitif mengalami peningkatan berdasarkan nilai n-gain 0 7.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254885

Actions (login required)

View Item View Item